Usman Nuzuli Ajak Semua Pihak Perjuangkan Danau Lut Tawar Jadi Taman Bumi

Usman Nuzuli

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Bakal Calon Bupati Aceh Tengah, Usman Nuzuli, mengajak seluruh komponen masyarakat di Aceh Tengah untuk bersama-sama memperjuangkan Danau Lut Tawar menjadi Geopark atau taman bumi.

Menurutnya, saat ini keberadaan Danau Lut Tawar memerlukan perhatian semua pihak demi menyelamatkan danau tersebut dari ancaman kerusakan lingkungan.

Dalam hal ini, Usman Nuzuli, mengatakan sudah selayaknya Danau Lut Tawar diperjuangkan menjadi kawasan yang diakui sebagai taman bumi, demi mengundang perhatian dunia untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan danau tersebut.

"Karena saat ini dari 180 lokasi yang sudah di teliti oleh Badan Geologi Nasional (Untuk menjadi Geopark) Danau Lut Tawar adalah salah satunya. Bahkan sudah lolos verifikasi. Dari 180 lokasi, yang lolos verifikasi itu ada 36 lokasi termasuk Danau Lut Tawar," kata Usman Nuzuli kepala lingepost.com, Rabu 7 Desember 2016.

Dijelaskannya, bahwa dari syarat dan kriteria untuk suatu kawasan dapat ditetapkan sebagai Geopark atau taman bumi, maka Danau Lut Tawar, kata Usman Nuzuli, sudah memenuhi semua unsur dan kriteria yang dibutuhkan.

"Apalagi dengan ditemukannya Ceruk Mendale (Situs arkeologi), tentu ini menambah nilai Danau Lut Tawar untuk dapat menjadi Geopark," tuturnya.

Usman Nuzuli menjelaskan bahwa Badan Geologi Nasional melakukan penelitian dan verifikasi mulai dari bentangan alam, bentuk lahan, kelompok dan jenis batuan, tanah, mineral, kristal, dan fosil, sebelum menetapkan suatu kawasan sebagai Geopark.

"Geopark adalah kawasan yang memiliki nilai warisan geologi yang disebut dengan taman geologi atau taman bumi."

"Namun sesungguhnya Geopark ini tidak hanya berhubungan dengan geologi saja, tapi juga berhubungan dengan nilai-nilai arkeologi, ekologi, nilai sejarah dan budaya. Yang mana kesemua itu, ada di lingkungan Lut Tawar dan sekitarnya," tutur Usman Nuzuli.

Lanjutnya, untuk kawasan pulau Sumatera saat ini ada sebanyak 12 kawasan yang didata oleh Badan Geologi Nasional termasuk Danau Lut Tawar dan Danau Toba.

Sementara, kawasan yang sudah ditetapkan menjadi Geopark di Sumatera, kata Usman Nuzuli, baru ada satu kawasan yakni Marangin Jambi.

"Danau Lut tawar ada di nomor dua, berdasarkan data verifikasi Badan Geologi Nasional. Sekarang yang sedang mengejar untuk menjadi Geopark adalah Danau Toba. Mereka berada diurutan nomor 3," ujarnya.

"Karena itu kita tidak boleh diam saja, Lut Tawar sudah sangat layak menjadi Geopark. Kita juga harus dorong agar Lut Tawar masuk kedalam The Global Geopark Network (GGN)," tuturnya lagi.

Usman Nuzuli berharap dengan adanya dorongan dari semua pihak termasuk pemerintah daerah, Danau Lut Tawar, bisa ditetapkan sebagai taman bumi atau Geopark.

"Tentu kita berharap semua komponen, pengiat budaya, lingkungan hidup, dan ekonomi kreatif bisa bersatu untuk bersama-sama memperjuangkan ini."

"Peran pemerintah daerah dan pemerintah provinsi dalam hal ini menjadi penting, untuk mendorong. Karena memang Danau Lut Tawar itu sudah lolos verifikasi," ujarnya.

Manfaat Geopark dan Pembangunan Wisata Islami

Lebih jauh, Usman Nuzuli, menjelaskan bahwa nantinya akan sangat banyak manfaat yang bisa   diperoleh daerah, jika Danau Lut Tawar ditetapkan sebagai Geopark, khususnya untuk kelestarian lingkungan danau.

Menurutnya, perhatian dunia luar otomatis akan tertuju untuk turut menjaga kelestarian Danau Lut Tawar dan juga dengan sendirinya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut.

"Otomatis nilai-nilai sejarah, budaya, dan semua yang dimiliki Danau Lut Tawar akan terjaga dengan sendirinya. Termasuk yang paling penting adalah kelestariannya."

"Karena nanti akan diawasi oleh UNESCO. Kemudian dampaknya nanti tentu akan mempunyai nilai tambah yang sangat besar bagi pengambangan pariwisata khususnya wisata alam dan budaya."

"Berdasarkan data yang ada, otomatis ini bisa meningkatkan kunjungan wisata dan akan meningkatkan devisa, juga akan meningkatkan arus investasi di bidang pariwisata," tutur Usman Nuzuli.

Lanjutnya, jika wisata menggeliat maka dampaknya juga akan turut mendongkrak pendapatan masyarakat, khususnya dalam industri pariwisata dan industri kreatif lainnya.

Usman Nuzuli berpendapat bahwa kawasan wisata Danau Lut Tawar nantinya harus dikembangkan secara islami, sebagai ciri khas kedaerahan.

"Tentu ini akan lebih menarik lagi, bahwa wisata yang dikembangkan itu adalah wisata islami. Dan ini ciri khas."

"Dari semua Geopark yang sudah ditetapkan, baik oleh GGN dan nasional, itu belum ada yang memiliki unsur islami. Contoh seperti di Cina yang memiliki kawasan Geopark terbanyak di dunia, itu tidak ada yang bernuansa islami."

"Jadi intinya bahwa dengan Geopark ini, efek dominonya terhadap ekonomi dan wisata itu sangat besar, juga untuk pelestarian alam," tutur Usman Nuzuli.

Sebagai Bakal Calon Bupati Aceh Tengah peserta Pilkada 2017, Usman Nuzuli, juga mengaku akan memprioritaskan restorasi Danau Lut Tawar demi menyelamatkan danau tersebut dari ancaman kerusakan lingkungan, selain mendorongnya ditetapkan menjadi Geopark.

Dia sendiri menempatkan hal tersebut kedalam program kerja prioritas pertama yang dituangkannya dalam visi misi, setelah merumuskan pembangunan Aceh Tengah dalam Empat zona, jika nantinya terpilih untuk memimpin Aceh Tengah selama 5 tahun kedepan.

Usman Nuzuli berharap, Danau Lut Tawar bisa terus menjadi perhatian semua pihak, khususnya untuk tetap menjaga kelestarian dan keindahan alamnya.

%d blogger menyukai ini: