Upacara HUT ke 71 RI Berlangsung Khidmat di Lapangan Setdakab Aceh Tengah

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon – lingepost.com : Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melangsungkan Upacara Peringatan HUT ke 71 RI tahun ini yang dipusatkan di Lapangan Setdakab setempat, Rabu 17 Agustus 2016.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, memimpin langsung jalannya upacara dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Semantara Komandan Upacara dijabat oleh Kepala Staf Kodim 0106/Aceh Tengah, Mayor Inf Ade Munandar.

Peringatan detik-detik proklamasi berlangsung khidmat. Seluruh pejabat beserta jajaran pemerintahan kabupaten setempat dan segenap elemen masyarakat, Ormas, unsur pemuda, serta pelajar ikut mengikuti jalannya upacara

Tampak hadir Dandim 0106 Aceh Tengah, Kapolres Aceh Tengah, Kajari Aceh Tengah, Ketua Mahkamah Syariyah, Sekretaris Daerah, Ketua MPU, dan Ketua DPRK Aceh Tengah.

Ketua DPRK Aceh Tengah, Muchsin Hasan,  juga didaulat membacakan Teks Proklamasi.

Sementara, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang telah mengukiti latihan selama satu bulan penuh. Paskibra berasal dari kalangan pelajar SMA sederajat di Kabupaten Aceh Tengah.

Sekretaris Panitia HUT ke 71 RI Kabupaten Aceh Tengah, Mustafa Kamal, mengatakan rangkaian kegiatan hari kemerdekaan tahun ini telah berjalan lancar.

"Kita bersyukur tidak ada kendala yang berarti hingga puncak peringatan 71 tahun kemerdekaan RI di Kabupaten Aceh Tengah," kata Mustafa Kamal.

Rangkaian peringatan 71 tahun kemerdekaan RI di Kabupaten Aceh Tengah dimulai dengan pelaksanaan kegiatan Anjangsana oleh unsur Forkopimda setempat ke Panti Asuhan dan Panti Jompo di daerah tersebut, pada 11 Agustus 2016.

Selanjutnya, dilaksanakan pawai budaya pada 13 Agustus 2016. Lalu pelaksanaan Upacara Taptu dan Pawai Obor,,pada 16 Agustus 2016. Dilanjutkan dengan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Reje Bukit, pada pukul 00.00 WIB.

Kemudian dilaksanakan Ziarah Makam di Taman Makam Pahlawan Reje Bukit  tepat di hari kemerdekaan sebelum pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke 71 RI di Lapangan Setdakab setempat.

%d blogger menyukai ini: