Paskibra Aceh Tengah Gelar Gladi Upacara HUT ke-71 RI

Takengon – lingepost.com : Peringatan upacara HUT ke-71 kemerdekaan RI telah didepan mata. Pemkab Aceh Tengah hari ini, Minggu (14/8/2016) menggelar kegiatan gladi kotor upacara peringatan HUT RI di halaman Setdakab Aceh Tengah.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.30 WIB itu melibatkan seluruh personil upacara seperti inspektur upacara dan komandan upacara serta beberapa petugas upacara lainnya.

Proses awal dimulai dari komandan upacara memasuki lapangan upacara dipimpin peran pengganti dari Kodim 0106 Aceh Tengah dengan memberi aba-aba "komando saya ambil alih tiap-tiap komandan pasukan disamping kanan barisan, kerjakan" seluruh komandan pasukan mengulangi perintah "kerjakan".

Dilanjutkan penghormatan umum kepada inspektur upacara dengan aba-aba "kepada inspektur upacara hormat senjata gerak", setelah penghormatan dibalas inspektur upacara, komandan upacara kembali memberi aba-aba "tegak senjata gerak", lalu komandan upacara maju beberapa langkah ke depan melakukan laporan kepada inspektur upacara bahwa upacara siap dimulai.

Begitu juga selanjutnya tahap demi tahap proses upacara turut digladikan. Kegiatan gladi kotor ini dilakukan sama persis dengan upacara sesungguhnya pada 17 Agustus nanti.

Inspektur Upacara yakni Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM dilakoni oleh peran pengganti masuk ke podium kehormatan. Begitu juga dengan pembaca teks Proklamasi yang nantinya akan dibacakan oleh Ketua DPRK.

Sedangkan untuk pengibaran bendera merah putih, dilakukan langsung oleh anggota Paskibraka Kabupaten Aceh Tengah tahun 2016 menggunakan bendera latihan.

Seluruh rangkaian kegiatan gladi kotor pagi itu berjalan lancar dan sukses, seluruh personil upacara nampak khidmat mengikuti proses latihan tahapan upacara.

Dibagian lain Kabag Humas Setdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal menyebutkan, untuk gladi bersih akan dilakukan Senin (15/8/2016) di tempat yang sama.

"Keseluruhan persiapan upacara sejauh ini berjalan lancar, kita harapkan pelaksanaan HUT RI ke-71 di Aceh Tengah berlangsung sukses, tertib dan nyaman," ujarnya. (Mika)

%d blogger menyukai ini: