Aceh Tengah pusatkan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Setdakab

Laporan : Hafiz Mirsada

Takengon – lingepost.com : Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Sekretariat Daerah (Setdakab) setempat, Jum’at 28 Oktober 2016.

Upacara diikuti segenap elemen dan usnsur SKPK, TNI, Polri, KNPI, Ormas, OKP, dan pelajar.

Sekda Aceh Tengah, Karimansyah, memimpin jalannya upacara dengan bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam arahannya saat mebacakan pidatao Menpora, Karimansyah, menyampaikan bahwa berdasarkan data demografi Indonesia saat ini, jumlah pemuda di tanah air dalam usia 16-30 tahun berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang sesuai data BPS tahun 2014.

Disebutkan bahwa secara kuantitas angka 24,5 persen itu merupakan jumlah yang cukup besar, ditambah lagi dalam waktu dekat pada tahun 2020 sampai 2035 Indonesia akan menikmati suatu era yang disebut bonus demografi.

"Bonus demografi merupakan jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yakni mencapai 64 persen dari jumlah penduduk Indonesia," tutur Karimansyah.

Dijelaskannya bahwa bonus demografi menjadi peluang strategis bagi sebuah negara untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan SDM usia produktif dalam jumlah yang signifikan.

"Rasio usia produktif di atas 64 persen sudah lebih dari cukup bagi Indonesia untuk melesat menjadi negara maju. Ini mulai kita nikmati nanti tahun 2020 dan akan berakhir pada tahun 2035," ujar membacakan amanat Menpora.

%d blogger menyukai ini: