Pasca Idul Fitri, 15 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Bener Meriah

Data Satgas Covid-19 Kabupaten Bener Meriah

Redelong | lingePost - Pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H, sebanyak 15 terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi mengatakan penambahan pasien positif tersebut berdasarkan hasil uji swab RTC-PCR di Balitbangkes Aceh terhadap 38 sampel swab yang dikirim.

"15 orang diantaranya dinyatakan positif Covid-19. Surat hasil RTC-PCR dari Balitbangkes Aceh kita terima tadi malam, Senin (17/5)," kata Ilham, Selasa.

"Dengan penambahan ini maka total terkonfirmasi Covid-19 di Bener Meriah untuk gelombang kedua saat ini sebanyak 49 orang," sebutnya.

Ilham menjelaskan sebanyak 38 sampel swab yang sebelumnya telah dikirim ke Balitbangkes Aceh merupakan hasil tracing dari para pasien positif Covid-19 yang terdata di sejumlah Puskesmas dan rumah sakit di Bener Meriah.

"Surveilans (Pemantau) Kesehatan dari Puskemas-Puskesmas terus aktif memantau dan tracing pasien yang punya gejala mengarah ke Covid-19. Ada juga dari RSUD Munyang Kute dan RS Azalia," sebutnya.

Lanjutnya Tim Satgas saat ini juga telah memiliki sistem data terkait pasien reaktif Covid-19 di daerah itu.

Untuk pasien reaktif kata dia pihaknya akan menyurati pihak desa melalui camat agar memantau dan melaksanakan isolasi mandiri terhadap pasien tersebut.

"Data tersebut juga mencakup berapa lama si A harus diisolasi, apa saja kebutuhan selama isolasi. Pasien tersebut juga terus dipantau oleh Puskesmas melalui bidan desa. Apabila menunjukkan gejala baru dan tidak cukup isolasi mandiri di rumah, akan dibawa ke RS," kata Ilham.

 

KM

%d blogger menyukai ini: