Warga Tionghoa Salurkan Bantuan APD Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan di Aceh Tengah

Penyaluran bantuan APD dan peralatan medis dari warga Tionghoa kepada rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Aceh Tengah.

Takengon | lingePost - Warga Tionghoa di Kabupaten Aceh Tengah menyalurkan bantuan berupa APD dan kebutuhan peralatan medis untuk tenaga kesehatan di daerah itu sebagai bentuk dukungan pencegahan pandemi Covid-19.

Perwakilan warga Tionghoa di Takengon Ayun mengatakan walaupun saat ini tren penularan Covid-19 menunjukkan penurunan, pihaknya tetap menyalurkan bantuan tersebut agar penanganan pandemi khususnya di Aceh Tengah tetap berjalan baik.

"Baru-baru ini kita menyalurkan bantuan berupa 500 baju APD medis, 12.500 masker 3 ply medis, 12 dus hand sanitizer (465 botol)," kata Ayun, Jumat (22/10/2021).

"Kemudian juga ada 300 buah sarung tangan medis, 10.000 tisu swab (alcohol pads), dan 20 buah oximeter medical. Semua produk yang disalurkan berstandar medis dan Kemenkes," sebutnya.

Dia menuturkan seluruh bantuan tersebut langsung disalurkan diantaranya ke RSUD Datu Beru Takengon, Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah, Puskesmas Bebesen, Puskesmas Kebayakan, Puskesmas Pegasing, Puskesmas Lut Tawar, dan Puskesmas Bintang.

Ayun berharap bantuan tersebut dapat membantu tugas para tenaga kesehatan di Aceh Tengah dalam menangani pandemi Covid-19 di daerah itu.

Menurutnya penyaluran bantuan tersebut bukan kali ini saja, pihaknya kata Ayun juga telah menyalurkan bantuan serupa untuk Pemkab Aceh Tengah pada awal-awal pandemi di tahun 2020.

"Sebelumnya kita salurkan juga pada Mei 2020 ke Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah, berupa 300 buah baju APD, 10.000 buah masker 3 ply, dan 5 dus had sanitizer. Saat itu cukup sulit mendapatkan baju APD dan masker. Kita dapat dan bisa disalurkan," tutur Ayun.

"Kemudian pada November 2020, juga kita disalurkan 12.500 buah masker 3 ply dari Taiwan Economic Development Associaton ke Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah," ujarnya.

 

KM