Ke Aceh, Kepala BNPB Doni Monardo Minta Pengungsi Banjir Cegah Covid-19

Ketua BNPB Doni Monardo dalam kunjungan kerja di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (10/12/2020).

Lhokseumawe | lingePost - Kepala BNPB Doni Monardo meminta agar pihak terkait melakukan pemisahan kelompok pengungsi korban banjir di Aceh guna mencegah penyebaran Covid-19.

Menurutnya harus ada pemisahan antara kelompok usia rentan dengan kelompok usia muda dalam penanganan pengungsi banjir demi mengindari penularan.

"Ini kita lakukan mengingat penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 masih berpotensi terjadi dari mereka yang berusia muda dan memiliki mobilitas tinggi kepada para kelompok rentan," kata Doni Monardo dalam kunjungan kerjanya di Lhokseumawe, Kamis (10/12/2020).

Menurutnya jika ada kelompok usia muda tanpa diketahui terjangkit Covid-19 dan tidak sengaja menulari kelompok usia rentan di tempat pengungsian maka hal itu dapat menjadi lebih buruk.

Lanjutnya terhadap mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, seperti ibu hamil dan menyusui serta anak balita, juga harus dipisah dari kelompok usia muda dalam pengungsian.

"Tidak boleh disatukan dengan kelompok usia muda," tutur Doni.

Pada kunjungan tersebut Doni Monardo juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada sejumlah kabupaten kota di Aceh berupa tenda pengungsi, swab antigen, masker, matras, selimut, dan juga menyerahkan sejumlah dana untuk penanganan darurat banjir dan longsor.

 

KM
%d blogger menyukai ini: