TPA Sampah Uwer Tetemi akan Hasilkan Energi Listrik

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Uwer Tetemi diproyeksi menghasilkan energi listrik yang bermanfaat dari gas metana sisa pemadatan sampah.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, mengatakan keberadaan TPA tersebut nantinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat pengolahan sampah semata, tapi akan multi benefit.

"TPA yang ada saat ini sudah umum dikembangkan menghasilkan energi. Kita akan mengarah kesana," kata Nasaruddin saat meresmikan TPA Uwer Tetemi, Sabtu 20 Feberuari 2016.

Disisi lain, Nasaruddin, menekankan bahwa TPA Uwer Tetemi harus tetap rapi. Menurutnya, ada cara membuang sampah yang benar untuk menjaga kerapian.

"Tidak diserakkan begitu saja. Mulai dari tepi kumpulkan di satu titik, sehingga mudah bagi alat berat untuk menata dan memadatkan sampah."

"Jadi walaupun ini tempat sampah, tapi jangan ada kesan kumuh," tutur  Nasaruddin.

TPA Uwer Tetemi memiliki luas 5400 meter persegi di kawasan Kampung Mulie Jadi, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah.

Dimasa mendatang, TPA ini diharap mampu menghasilkan energi listrik dari hasil pengolahan sampah.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Aceh Tengah, Zikriadi, mengatakan hal itu akan terus dikembangkan secara bertahap.

"Energi listrik dapat dihasilkan dengan menangkap gas metana sisa pemadatan sampah," kata Zikriadi.

%d blogger menyukai ini: