PPMN Luncurkan Program Jurnalis Warga di Bener Meriah

Ilustrasi

Laporan : Kurnia Muhadi

Redelong – lingepost.com : Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) bekerjasama dengan The Asia Foundation (TAF), GeRAK Aceh, dan mitra KOMPAK meluncurkan program Jurnalis Warga di Bener Meriah, Kamis 27 Juli 2017.

Acara peluncuran berlangsung di Aula Mess Pemda setempat dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bener Meriah Irmansyah dan Ketua PWI Bener Meriah Khalisuddin.

Koordinator Program, Nurmalis,  mengatakan jurnalis warga bukanlah wartawan karena tidak dilindungi oleh UU Pers.

Karenanya perlu pelatihan khusus bagi JW agar tidak bermasalah dengan hukum dan tidak melanggar UU ITE.

“JW mendorong transfaransi layanan publik di kampung. Dan di Bener Meriah diprogramkan di kampung Pondok Gajah, Pondok Baru, Mutiara, Sepakat, Purwosari, dan Kampung Paya Ringkel di Kecamatan Bandar,” kata Nurmalis.

Kepala Bagian Humas Setdakab Bener Meriah, Sukur, turut mengapresiasi peluncuran program tersebut.

Menurutnya, keberadaan jurnalis warga sangat strategis sebagai salah satu wadah penyerap aspirasi masyarakat yang akan menjadi salah satu sumber informasi dalam menentukan kebijakan pemerintah.

“Reje kampung diharapkan memanfaatkan jurnalis warga untuk mempublis kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa agar dapat diketahui lebih luas. Ini juga sejalan dengan era keterbukaan informasi publik saat ini,” kata Sukur.

%d blogger menyukai ini: