Plt Kadispora : Arung Jeram akan Jadi Andalan Sport Tourism di Aceh Tengah

Peserta Kejuaraan Arung Jeram Piala Bupati Aceh Tengah menjajal aliran Sungai Pesangan, Senin (4/10/2021).

Takengon | lingePost - Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Zulfan Diara menyebut olahraga arung jeram akan menjadi andalan bagi pengembangan sektor wisata olahraga (Sport tourism) di daerah itu.

Menurutnya Aceh Tengah memiliki banyak lokasi sungai dengan panorama alam mempesona untuk dapat disandingkan dengan aktifitas olahraga arung jeram guna menarik minat kunjungan wisatawan.

Dia menjelaskan Gayo Sport Tourism menjadi salah satu program di dinas yang ia pimpin saat ini untuk dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat dan daerah dari sektor wisata olahraga.

"Gayo Sport Tourism merupakan program dimana olahraga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan," kata Zulfan Diara saat pembukaan Kejuaraan Arung Jeram Piala Bupati Aceh Tengah sekaligus Pra Pora Aceh 2021 cabang olahraga tersebut di Takengon, Senin (4/10/2021.

Dia menyebut Aceh Tengah memiliki aliran Sungai Pesangan yang dijuluki sebagai surganya para rafter untuk dijadikan andalan bagi pengembangan sport tourism dimaksud.

Nantinya kata Zulfan wisatawan dapat menikmati pesona alam Gayo sekaligus melihat aktifitas olahraga arung jeram sebagai daya tarik tersendiri.

"Aktivitas olahraga yang dipadukan dengan kegiatan wisata (Sport tourism) merupakan salah satu sektor wisata yang saat ini pertumbuhannya paling cepat. Kita harapkan ini dapat menggerakkan ekonomi masyarakat kita," tutur Zulfan.

Sementara Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam hal ini juga sangat mendukung program pengembangan sport tourism tersebut.

Menurutnya cabang olahraga ini dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata di Aceh Tengah kedepannya.

Selain itu dia juga menyebut bahwa arung jeram bukan sekedar olahraga semata, tapi juga punya misi dalam menjaga kelestarian alam.

"Jika kedepan arung jeram dilaksanakan secara rutin, maka masyarakat dengan sendirinya akan malu membuang sampah ke sungai," kata Shabela Abubakar.

Event kejuaraan arung jeram saat ini sedang berlangsung di Aceh Tengah mulai 4-10 Oktober 2021.

Ada dua agenda besar yang digelar sekaligus yakni Kejuaraan Arung Jeram Piala Bupati Aceh Tengah serta ajang Pra Pora Aceh 2021.

 

KM

 

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

%d blogger menyukai ini: