Pertama Kali, Aceh Besar ikuti Pacuan Kuda HUT Kute Takengen

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, resmi membuka pelaksanaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memperingati HUT ke 441 Kute Takengen, di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, Senin 5 Maret 2017.

Tahun ini untuk pertama kalinya, pacuan kuda di Aceh Tengah juga diikuti oleh peserta dari Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Disbudparpora Aceh Tengah, Abadi, mengatakan pihaknya pada tahun ini atas arahan Bupati Aceh Tengah secara khusus mengundang Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Tenggara untuk dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan Pacuan Kuda HUT ke 441 Kute Takengen.

"Alhamdulillah Aceh Besar menyauti dengan baik dan mereka mengirim dua ekor kuda. Sementara Kabupaten Aceh Tenggara mungkin belum berkesempatan mengirimkan kudanya pada tahun ini," tutur Abadi dalam laporannya saat pembukaan pacuan kuda, Senin.

Pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya event pacuan kuda di Aceh Tengah hanya diikuti oleh Tiga kabupaten bersaudara, yakni Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Total, sebanyak 371 kuda pacu dari Empat kabupaten akan berlaga di perlombaan Pacuan Kuda HUT ke 441 Kute Takengen.

Aceh Tengah melalui PORDASI mengikutsertakan sebanyak 191 kuda pacu, Gayo Lues sebanyak 67 kuda pacu, Bener Meriah 111 kuda pacu, dan Aceh Besar sebagai pendatang baru mengirimkan 2 kuda pacu.

%d blogger menyukai ini: