Nasaruddin Minta Menpora Bantu Pembangunan Arena Pacuan Kuda HM Hasan Gayo

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI membantu pembangunan lanjutan arena pacuan kuda HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, agar kedepannya dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang menonton even tahunan tersebut.

Nasaruddin menyampaikan bahwa kebutuhan paling mendesak untuk kelengkapan fasilitas arena pacuan kuda Gelengan HM Hasan Gayo adalah penambahan bangunan tribun utama. Untuk itu, Nasaruddin, meminta Menpora Imam Nahrawi mempertimbangkan usulan terkait bantuan penyempurnaan arena pacuan kuda tersebut.

"Hal yang mendesak untuk diselesaikan adalah tambahan pembangunan tribun yang menjadi kebutuhan pokok. Disamping bangunan-bangunan pendukung lainnya, seperti tempat parkir, perkantoran, lapak pedagang, juga kandang kuda," kata Nasaruddin dihadapan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, saat acara peletakan batu pertama pembangunan lanjutan tribun arena pacuan kuda HM Hasan Gayo, Kamis 25 Februari 2016.

Nasaruddin menjelaskan pembangunan arena pacuan kuda HM Hasan Gayo telah dimulai sejak tahun 2003, namun kondisinya hingga sekarang masih jauh dari kenyamanan terhadap para pengunjung dan penonton olahraga berkuda tersebut.

"Seperti Bapak Deputi saksikan pembangunan arena ini sudah dimulai sejak tahun 2003 atau 13 tahun yang lalu. Tetapi kondisinya masih sangat memprihatinkan, dimana masyarakat kita menonton pacuan kuda ini dari panas dan juga dari tempat-tempat yang tidak nyaman, karena tidak terlihat semua atraksi pacuan kuda ini, akibat dari tempat untuk menonton belum memadai."

"Oleh karena itu, dalam kesempatan yang baik ini kami ingin menyampaikan kepada Bapak Menteri melalui Bapak Deputi kiranya apa yang telah kami usulkan termasuk mendapat dukungan dari Komisi II DPR-RI Bapak H Irmawan mohon bapak pertimbangkan yang Insya Allah saat ini Bapak mulai meletakkan batu pertamanya." Tutur Nasaruddin.

Lanjutnya, animo masyarakat di Dataran Tinggi Gayo dalam menyaksikan penyelenggaraan pacuan kuda setiap tahunnya selalu ramai. Hingga even tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pada hari terakhir biasanya Sabtu atau Minggu sebagai hari final pacuan kuda, masyarakat yang hadir ke arena ini tidak kurang dari seratus ribu orang."

"Oleh karena itu, sekali lagi kami mohon bantuan Bapak Menteri melalui Bapak Deputi kiranya lanjutan pembangunan tribun dan bangunan pendukung lainnya mendapat perhatian dari Bapak Menteri," ucap Nasaruddin.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Djoko Pekik Irianto, pada kesempatan tersebut melakukan peletakan batu pertama pembangunan lanjutan tribun utama arena pacuan kuda HM Hasan Gayo, sekaligus menyaksikan langsung pacuan kuda tradisional Gayo yang digelar dalam rangka peringatan HUT ke 439 Kute Takengen.

Djoko Pekik Irianto secara resmi melakukan kunjungan kerja ke Aceh Tengah untuk mewakili Menpora Imam Nahwari yang membatalkan kehadirannya di Takengon karena mendadak ada agenda lain yang harus dihadirinya.

%d blogger menyukai ini: