Panwaslih Kecamatan se-Kabupaten Aceh Tengah Ikuti Bimbingan Teknis

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon – lingepost.com : Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap seluruh anggota Panwaslih Kecamatan se-Kabupaten Aceh Tengah, Kamis 4 Agustus 2016.

Kegiatan tersebut bertujuan menyatukan arah kerja para pengawas pemilihan dalam setiap tahapan Pilkada tahun 2017.

Seluruh anggota Panwaslih Kecamatan yang telah dilantik baru-baru ini diberikan materi terkait sumber daya manusia, organisasi, hubungan antar lembaga, serta fungsi pengawasan, pencegahan pelanggaran, dan  penanganan pelanggaran/sengketa pemilu.

Kegiatan tersebut merupakan Bimtek yang pertama kali digelar untuk bekal kerja para pengawas pemilihan kecamatan se-Kabupaten Aceh Tengah, dengan lebih menitikberatkan pada fungsi pengawasan tahapan awal Pilkada terkait penetapan pemilih dan pencalonan peserta Pilkada tahun 2017.

“Kita siap mengawasi seluruh tahapan pemilu, dan kita juga komitmen menyiapan sumberdaya seluruh  jajaran pengawas pemilihan hingga ke tingkat desa (pengawas TPS),” kata Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah Hamidah.

Divisi Humas dan Sosialisasi Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah, Wen Y Rahman, menambahkan bahwa pelaksanaan Bimtek maupun pelatihan akan disesuaikan dengan tahapan Pemilu.

“Kita terus melakukan koordinasi dan mendampingi seluruh jajaran pengawas Pemilu bila dibutuhkan maupun tidak. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga integritas pengawas di Aceh Tengah sebagai syarat pemilu yang demokratis,” kata Wen Y Rahman.

%d blogger menyukai ini: