Lab PCR Swab RSUD Datu Beru Takengon Resmi Beroperasi

Bupati Shabela Abubakar menggunting pita tanda beroperasinya Lab PCR Swab RSUD Datu Beru Takengon pada acara peresmian, Senin (9/11/2020)

Takengon, Aceh | lingePost - Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab RSUD Datu Beru Takengon resmi beroperasi mulai hari ini, Senin (9/11/2020).

Lab tersebut diresmikan oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar pada Senin pagi dan akan mulai melayani pemeriksaan sampel swab sebagai upaya peningkatan pelayanan di rumah sakit tersebut terhadap penanganan Covid-19.

"Dengan adanya alat ini tentunya lebih meningkatkan pelayanan di RSUD Datu Beru. Kita tidak lagi harus kirim sampel swab ke Banda Aceh," kata Shabela Abubakar di RSUD setempat usai acara peresmian, Senin.

Shabela mengharapkan keberadaan lab tersebut dapat lebih mempercepat upaya penanganan Covid-19 di daerahnya.

Karena menurutnya selama ini pemeriksaan sampel swab masih membutuhkan waktu yang relatif lama jika harus dikirim ke laboratorium yang ada di Banda Aceh.

"Lima hari baru dapat hasil. Tapi di sini (Lab Datu Beru) hanya dalam hitungan menit, 40 menit sudah keluar hasil, gak lama," sebutnya.

Sementara Direktur RSUD Datu Beru Takengon dr Hardi Yanis menyampaikan lab tersebut nantinya akan mampu melakukan pemeriksaan sampel swab hingga mencapai 50 sampel dalam sehari.

Sementara untuk kebutuhan tenaga ahli kata dia hingga saat ini juga sudah dilatih sebanyak 30 tenaga medis untuk dapat mengoperasikan alat PCR tersebut.

"Kita bisa lakuan pemeriksaan sampai 30 sampel per hari. Saya kira cukup lah untuk kebutuhan di daerah kita," kata Hardi Yanis.

 

KM
%d blogger menyukai ini: