Khutbah Jum'at, Pak Nas : Qalbun Salim adalah modal utama kemajuan ummat Islam

Nasaruddin selaku khatib Jum'at di Masjid Al-Imarah Kampung Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Jum'at 23 Maret 2018.

Laporan : Hafiz Mirsada

Takengon - lingeoost.com : "Qalbun Salim adalah modal utama kemajuan ummat Islam."

Hal itu disampaikan mantan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, selaku khatib Jum'at di Masjid Al-Imarah Kampung Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Jum'at 23 Maret 2018.

Dalam khutbahnya, Nasaruddin, mengajak jamaah untuk selalu dapat meningkatkan kualitas hati serta gemar melakukan perbuatan yang benar.

Pria yang akrab disapa Pak Nas ini menguraikan upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat hati supaya tetap suci/lurus adalah dengan zikrullah (mengingat Allah) baik melalui zikir hati, zikir lisan (membaca Al-qur'an dan berdo'a) dan zikir amal perbuatan.

"Upaya lainnya untuk menjaga supaya hati selalu bersih adalah menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat yang diberikan NYA, serta menumbuhkan semangat beribadah dalam segala aspek," tutur Pak Nas.

Dia turut mengajak jamaah menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan suburnya penyakit hati seperti iri hati, ghibah, dengki, ambisi berlebihan, fitnah, emosi, hawa nafsu, kesombongan, dan kemegahan.

"Perbanyak hal-hal yang dapat meningkatkan kekuatan hati seperti taqwa, ikhlas, sabar, jujur, amanah, santun, syukur, ridha, pemaaf, pemurah," ujarnya.

Diakhir khutbahnya selaku khatib, mantan Bupati Aceh Tengah dua periode (2007-2017) yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Berkarya Provinsi Aceh ini juga mengajak jamaah untuk senantiasa gemar melakukan perbuatan yang benar dan harus merasa hina jika melakukan perbuatan yang salah.

"Melalui upaya ini semoga daerah dan negara kita yang dominan masyarakatnya muslim menjadi lebih damai, makmur, dan bermartabat," tutur Pak Nas.

%d blogger menyukai ini: