Grand Renggali, Hotel Indah di Tepi Danau Lut Tawar

Hotel Grand Renggali di tepi Danau Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Ist

Takengon | lingePost - Hotel Grand Renggali Takengon merupakan satu-satunya hotel wisata di Kabupaten Aceh Tengah yang berada tepat di tepi Danau Lut Tawar.

Hotel ini merupakan kebanggan masyarakat Aceh Tengah sejak lama dan sangat legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1985.

Tak berlebihan rasanya jika menyebut hotel ini sebagai ikonnya pariwisata Aceh Tengah, khususnya wisata Danau Lut Tawar.

Karena setiap menyebut nama hotel ikonik ini, pastilah teringat akan keindahan panorama alam Danau Lut Tawar yang mempesona.

Nama Hotel Renggali sendiri merupakan nama salah satu jenis bunga khas Gayo yaitu Bunga Renggali yang dulunya banyak tumbuh di kawasan wisata Ujung Baro, nama lain dari kawasan Hotel Renggali saat ini.

Dan seperti namanya, hotel ini telah menjadi representasi keindahan Bunga Renggali, ditambah lagi perpaduan elok antara kemegahan hotel yang bersanding pesona keanggunan panorama alam Danau Lut Tawar, menjadikannya sebagai satu-satunya hotel wisata di tepi danau dengan daya tarik tersendiri.

Jaringan Arabia Group

Sejak tahun 2018 manajemen Hotel Renggali Takengon resmi diakuisisi oleh PT Grand Arabia Group. Hotel ini pun kemudian mendapat penyegaran nama menjadi Grand Renggali Takengon.

Peralihan manajemen baru ini juga menandai perubahan besar-besaran wajah Hotel Renggali. Seluruh bangunan hotel ini direnovasi dan dibangun kembali menjadi hotel mewah dan artistik.

Seluruh area kawasan hotel dengan luas mencapai 1,4 hektare ditata sedemikian rupa hingga memanjakan mata. Ada taman dan restoran yang langsung menghadap ke tepi danau. Juga dilengkapi sarana ibadah berupa musholla di tengah area hotel dengan desain bangunan teduh dan nyaman dipandang.

Tidak ada lagi kesan hotel tua. Seluruh fasilitas dan furniture hotel diupgrade pada kualitas terbaik untuk sekelas hotel bintang empat, termasuk juga dari segi pelayanannya.

Director of Operations Arabia Group Iwan Wahyudi menyebut bahwa Grand Renggali kini telah berbenah untuk menjadi hotel terbaik di kota dingin Takengon serta kehadirannya diharap dapat ikut mendorong kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah.

"Jadi Hotel Renggali sekarang sudah berbenah dengan jumlah 85 kamar, 2 meeting room, 2 restoran, 1 lobilon, plus 1 president suite," kata Iwan Wahyudi, Rabu (29/9/2021).

Iwan menyebut walau di tengah pandemi saat ini, Hotel Grand Renggali Takengon tetap terus berinovasi.

Sebagai hotel legendaris yang punya banyak kenangan di hati masyarakat Gayo, Iwan mengajak masyarakat untuk tetap datang menikmati wisata di lokasi Ujung Baro tersebut.

Manajemen Hotel Grand Renggali kata Iwan punya paket wisata khusus dengan harga murah agar masyarakat dapat datang untuk menikmati panorama alam Danau Lut Tawar dari kawasan hotel dengan ditemani sajian makanan ringan dari pihak hotel.

"Kita punya namanya 'Dediang Paket' dengan harga Rp45.000,- untuk per dua orang dan Rp200.000,- untuk family, sudah dapat snack dan minuman. Jadi silahkan masyarakat datang ke sini menikmati wisata alamnya dan menikmati makanannya, restoran kita juga buka untuk umum kok," tutur Iwan.

"Jadi istilah Ujung Baronya kita yang dulu itu, masa kecil kita kan Ujung Baro ini namanya, ini kita hidupkan lagi Ujung Baronya, jadi masyarakat gak usah takut untuk masuk ke Hotel Renggali, takut misalnya harus mahal, atau dilarang, tidak," tambahnya.

Iwan menuturkan Hotel Grand Renggali saat ini juga menjadi pelopor perjalanan wisata keliling Danau Lut Tawar.

Pihak hotel kata dia menawarkan paket murah keliling danau dengan menggunakan speedboat untuk perjalanan selama 45 menit.

"Berkeliling danau dengan speedboat yang muat untuk 6 orang. Dan itu murah sekali harganya hanya Rp500.000,- untuk berkeliling danau selama 45 menit. Rutenya kawasan wisata Gua Loyang Koro, Toweren, dan Mendale," sebut Iwan.

"Semua penumpang speedboat kita kasih safety, rompi pelampung, dan dipandu oleh nahkoda profesional yang memang sudah tersertifikasi," ujarnya.

Kehadiran Hotel Grand Renggali Takengon dengan wajah baru di bawah manajemen Arabia Group kini semakin melengkapi kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah, khususnya pada kawasan wisata andalan daerah ini yaitu Danau Lut Tawar.

Hotel ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi para wisatawan yang datang ke daerah ini, karena bisa langsung menikmati panorama alam yang memanjakan mata hanya dari kawasan hotel, bahkan dari kamar hotel yang langsung menghadap ke Danau Lut Tawar.

 

KM
Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

%d blogger menyukai ini: