Ada Lomba Perahu Tradisional di Gunung Suku Lut Tawar 2-3 September

Takengon | lingePost - Lomba perahu dayung tradisional Gayo akan digelar di Danau Lut Tawar tepatnya di Kampung Gunung Suku dan Rawe Kalang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, pada 2-3 September 2019.

Tokoh muda Kampung Gunung Suku, Darmawan, kepada media menyampaikan even tersebut digelar atas inisiatif pemuda setempat bekerjasama dengan mahasiswa Universitas Almuslim Bireuen yang sedang KKM di sana.

Darmawan menjelaskan lomba perahu ini didukung penuh oleh 12 reje kampung di Kecamatan Lut Tawar yakni Kampung Toweren Toa, Kampung Toweren Uken, Kampung Toweren Antara, Kampung Waq Toweren, Kampung Pedemun, Kampung Asir Asir, Kampung Asir Asia, Kampung Hakim Bale Bujang, Kampung Bujang, dan Kampung Rawe Kalang serta Kampung Gunung Suku selaku tuan rumah.

"Lomba perahu ini merupakan salah satu budaya yang sudah menjadi turun temurun di Kampung Gunung Suku dan Rawe Kalang," tutur Darmawan, Minggu.

Darmawan berharap dengan adanya even lomba perahu tersebut juga dapat lebih mempromosikan Gayo sebagai daerah tujuan wisata.

Selain itu juga diharapkan mampu memunculkan para atlet dayung berbakat untuk kelak dapat mengharumkan nama daerah di cabang olahraga dayung.

"Kami juga sangat yakin dengan adanya lomba perahu ini bisa menghadirkan para atlet generasi milenial untuk persiapan bersaing di luar Aceh Tengah nantinya," kata Darmawan.

 

Reporter : Kurnia Muhadi
Editor :
%d blogger menyukai ini: