Bayi Usia 1 hari Dibuang di Teras Panti Asuhan Kasih Ibu Paya Tumpi

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com :  Bayi laki-laki yang diperkirakan masih berusia 1 hari ditemukan pengurus Panti Asuhan Kasih Ibu, Paya Tumpi Baru, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Senin malam sekira pukul 21.30 WIB. Diduga bayi tersebut sengaja dibuang oleh orangtuanya.

Pimpinan Panti Asuhan Kasih Ibu, Abdul Latif Rusdi, saat ditemui lingepost.com Selasa 2 Februari 2016 menuturkan dirinyalah yang pertama menemukan bayi laki-laki tersebut dengan kondisi hanya dibalut kain, di teras depan kios milik panti asuhan tersebut. 

"Saya dengar suara bayi, langsung saya periksa. Saya hidupkan lampu, saya periksa-periksa di dalam sini (Ruangan kios) karena suaranya dari sini. Tapi gak saya temukan apa-apa."

"Abis itu turun lagi saya ke bawah. Saya tanya sama anak-anak 'ada dengar suara bayi di atas'. Gak ada kata anak-anak. Saya coba ke samping, saya dengar lagi ada suara bayi nangis. Barulah saya ambir senter saya ajak anak-anak periksa keluar, udah disini (Depan kios) dia saya dapat," kisah Abdul Latif saat menunjukkan lokasi ditemukannya bayi laki-laki tersebut. 

Setelah membawa masuk bayi yang ditemukannya itu, Abdul Latif, mengaku langsung melaporkan kejadian tersebut kepada aparat kampung setempat dan pihak Muspika Kecamatan Kebayakan.

Bayi laki-laki itu kemudian dibawa ke RSU Datu Beru Takengon sekira pukul 23.00 WIB untuk mendapatkan perawatan intensif.

Salah seorang pengurus panti asuhan, Heryani, mengatakan saat pertama melihat kondisi bayi mereka menduga usianya sudah 2 hari, tapi informasi dari pihak rumah sakit yang mereka dapatkan bayi tersebut baru berusia 1x24 jam.

"Awalnya kita karena lihat badannya sehat kita kira sudah usia 2 hari, tapi doktor rumah sakit bilang baru usia 1 hari," tuturnya.

Hal senada juga diutarakan salah seorang perawat yang menangani bayi laki-laki tersebut di ruang NICU RSUD Datu Beru Takengon, bahwa bayi yang belum memiliki nama itu diperkirakan masih berusia 1x24 jam.

Namun, Wakil Direktur Pelayanan RSU Datu Beru Takengon, dr Indra Lutfi, saat ditemui lingepost.com di ruang kerjanya menyebutkan bahwa usia bayi diperkirakan sudah mencapai 3-4 hari.

"Kalau usia 1 hari mungkin bayinya tidak selamat," kata dr Indra Lutfi.

Hingga saat ini, bayi laki-laki mungil itu masih berada di ruang NICU RSU Datu Beru Takengon, dengan status titipan dari pihak Muspika Kecamatan Kebayakan.

%d blogger menyukai ini: