Bayi yang Ditemukan di Paya Tumpi Dititip Sementara di RSU Datu Beru 

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Bayi laki-laki yang ditemukan pengurus Panti Asuhan Kasih Ibu, Paya Tumpi Baru, Takengon, pada Senin malam 1 Februari 2016, kini mendapat perawatan dari pihak RSU Datu Beru Takengon, dengan status titipan sementara.

Wakil Direktur Pelayanan RSU Datu Beru, dr Indra Lutfi, kepada lingepost.com mengatakan pihaknya telah mempercayakan perawatan bayi tersebut kepada seorang dokter spesialis dan kini ditempatkan di ruang NICU (Khusus bayi).

"Saat diantar ke sini (RSU Datu Beru) oleh Muspika Kecamatan Kebayakan kita lihat kondisi bayi memang tali pusarnya belum copot, keadaannya baik, sehat, tapi karena mungkin (Terkena) udara yang dingin di luar, agak sedikit kedinginan. Tapi keadaannya secara umum sehat," tutur dr Indra Lutfi saat ditemui lingepost.com di ruang kerjanya, Selasa 2 Februari 2016.

Dia menjelaskan bayi laki-laki yang belum punya nama itu ditaksir masih berusia 4-5 hari dengan berat badan 3,2 kilogram dan panjang 50 cm.

Menurutnya, untuk sementara waktu bayi tersebut akan tetap mendapatkan perawatan di rumah sakit, menunggu tindaklanjut dari pihak Muspika Kecamatan Kebayakan yang menitipkannya di rumah sakit dan pihak Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah.

"Itu Muspika yang ngantar kemari kemudian Muspika menitipkan dengan kita, nah ini langsung kita berkoordinasi dengan dokter spesialis. Jadi yang rawat sekarang dokter spesialisnya," kata dr Indra.

"Untuk kelanjutan bagaimana tentang adopsi atau hal lainnya, itu kita serahkan kembali kepada Muspika dan Dinas Sosial. Tadi kita sudah menghubungi Dinas Sosial, katanya mungkin sebentar lagi ada utusan mau kemari. Tapi sampai saat ini masih (Dititip) dengan kita disini," ujarnya.   

lingepost.com/bayi-usia-1-hari-dibuang-di-teras-panti-asuhan-kasih-ibu-paya-tumpi/

%d blogger menyukai ini: