100 Persen Anggota PWI se Aceh telah Mengikuti Uji Kompetensi Wartawan

Laporan : Kurnia Muhadi

Banda Aceh - lingepost.com : Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, mengatakan seluruh wartawan yang tergabung di bawah organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Aceh, pada tahun ini seluruhnya telah melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan tingkat keikutsertaan hampir mencapai 100 persen.

Hal itu disampaikan, Tarmilin Usman, pada acara pembukaan UKW ke VIII di Gedung PWI Aceh, kawasan Simpang Lima, Banda Aceh, Jum'at 30 September 2016.

"PWI Aceh sudah melaksanakan UKW yang ke VIII. Dan dinyatakan sudah 90 persen lebih semua lulus UKW, kalau saya katakan sudah 100 persen. Artinya yang sudah punya kesempatan UKW itu sudah 100 persen, walaupun ada satu dua yang tidak mau ikut, apakah kurang sehat, apakah sedikit-sedikit gemetar. Karena itu sudah kita anggap selesai, sudah 100 persen anggota PWI Aceh mengikuti Uji Kompetensi," tutur Tarmilin.

Namun, Tarmilin, juga mengaku bahwa tugas PWI belum selesai sampai disitu. Pihaknya, kata Tarmilin, masih punya tugas untuk terus merekrut wartawan menjadi anggota PWI untuk kemudian dapat mengikuti Uji Kompetensi sebagai anggota muda.

"Karena kita menginginkan seluruh wartawan yang ada di Aceh ini mengikuti Uji Kompetensi," ujarnya.

Tarmilin Usman kembali menegaskan bahwa dengan pelaksanaan UKW ke VIII maka seluruh anggota dan pengurus PWI se-Aceh telah dinyatakan 100 persen mengikuti UKW sebagai syarat pengakuan kompetensi seorang wartawan yang secara resmi tercatat di lembaga Dewan Pers.

PWI Aceh telah melaksanakan UKW khususnya bagi anggota PWI se-Aceh sejak tahun 2012. UKW pertama tercatat dilaksanakan pada 18-19 Januari 2012 dengan memberikat predikat kompeten kepada 31 wartawan di Aceh saat itu.

%d blogger menyukai ini: