Sengketa Tapal Batas Memanas, Wabup Sarkawi Minta Warga Tidak Terpancing Keributan  

Wakil Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi saat berdialog dengan warga Kampung Pantanlah di wilayah perbatasan Bener Meriah

Laporan : Kurnia Muhadi

Redelong – lingepost.com : Wakil Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi, menemui warga perbatasan di Kampung Pantanlah, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bireuen, terkait persoalan tapal batas kedua kabupaten ini yang kembali memanas.

Sarkawi meminta warga untuk menahan diri dan tidak mudah terprovokasi, karena dikhawatirkan kondisi tersebut dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk memancing keributan.

“Saya minta agar masyarakatku warga Kampung Pantanlah agar tidak terpancing untuk melakukan keributan terkait permasalahan sengketa tapal batas yang tengah memanas saat ini,” kata Sarkawi saat berdialog bersama masyarakat kampung setempat, Kamis 27 Juli 2017.

Wabup Sarkawi menegaskan bahwa Pemerintah Daerah dalam hal ini akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk menuntaskan persoalan sengketa tapal batas tersebut.

Untuk itu, ia juga meminta warga dan aparatur kampung setempat turut mengumpulkan data-data yang akurat terkait batas-batas wilayah, sehingga nantinya dapat dijadikan acuan dalam upaya penyelesaian sengketa.

“Nanti data-data tersebut bapak-bapak bawa ke kabupaten untuk menjadi acuan dan laporan kita dalam penyelesaian tapal batas ini,” kata Sarkawi.

Menanggapi terjadinya perambahan hutan di wilayah perbatasan tersebut, Wabub Sarkawi, juga mengaku pihaknya akan segera mengatasi hal itu dan meminta masyasrakat mempercayakannya kepada pemerintah.

“Alhamdullillah Bapak Gubernur Aceh juga konsen dalam hal perambahan hutan ini, beliau juga semangat memerangi pencurian kayu ini,” ujar Sarkawi.

Wabup Sarkawi akhirnya meminta warga untuk menyatakan komitmen bersama agar selalu menjaga suasana tetap kondusif dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik terkait sengketa tapal batas tersebut.

“Saya minta kita sepakat untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak perlu yang dapat merugikan kedua belah pihak. Saya juga meminta agar kita warga Pantanlah untuk dapat menahan diri, karena situasi seperti ini rentan dimasuki pihak-pihak lain yang melakukan propokasi. Kita juga sudah menyurati pemerintah Aceh, mudah-mudahan Gubernur kita yang sekarang cepat respon dengan hal-hal seperti ini,” tutur Tgk Sarkawi.

Pertemuan Wabup Sarkawi dengan masyarakat di wilayah perbatasan tersebut turut didampingi Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli, Pabung 0106/Bener Meriah Mayor Inf Syamsirmas, Ketua MPU Bener Meriah Tgk Syarkawi Abdus Samad, serta sejumlah Anggota DPRK Bener Meriah.

%d blogger menyukai ini: