Ribuan Penonton, Gayo Art Summit 2015 Berlangsung Semarak

Laporan : Khairiandi

Banda Aceh - lingepost.com : Perhelatan akbar seni budaya Gayo - Alas dalam ajang tahunan Gayo Art Summit, di ACC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh, berlangsung semarak dengan dibanjiri ribuan penonton, Rabu malam 11 November 2015.

Sejumlah pementasan seni budaya seperti Tari Saman dari Gayo Lues, seni bela diri Pelebat dari Alas, dan pementasan teater tentang prasejarah Gayo di Loyang Mendale, sukses menarik animo penonton untuk memadati gedung pertunjukkan.

Gayo Art Summit 2015 juga dimeriahkan oleh penampilan Ervan Ceh Kul dan Laskar Gayo dengan lantunan musik etnik yang mereka bawakan.

Penyair asal Gayo, Fikar W Eda, tak ketinggalan turut mengisi malam seni budaya tersebut dengan membacakan puisinya yang bercerita tentang tari saman.

Semarak Gayo Art Summit bahkan membuat gedung ACC Dayan Dawood tak mampu menampung seluruh penonton yang hadir.

Pantauan lingepost.com di lokasi acara, ribuan orang telah memadati gedung ACC Dayan Dawood mulai dari ruang utama pertunjukkan, ruang lobi, dan pelataran gedung, bahkan sebelum acara dibuka oleh Asisten I Pemerintahan Aceh mewakili Gubernur Aceh.

Keinginan masyarakat Gayo dan Alas yang hadir disana untuk dapat memasuki ruang utama gedung, agar bisa menyaksikan langsung penampilan seni budaya yang digelar, harus kandas karena kapasitas ruangan yang terbatas.

Karenanya, ratusan orang harus puas hanya bisa menyaksikan even tersebut melalui layar lebar yang disediakan oleh panitia di areal lobi gedung.

Gayo Art Summit adalah bentuk kegiatan seni budaya yang digagas oleh mahasiswa asal Gayo dan Alas di Banda Aceh, sejak tahun 2009.

Seni budaya yang ditampilkan pada setiap kegiatan ini mendatangkan langsung para pelaku seni dari daerah asal, yakni Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara.

%d blogger menyukai ini: