Program Kali Bersih diluncurkan di Lukup Badak

Peluncuran Program Kali Bersih di lokasi wahana arung jeram Lukup Badak, Sungai Pesangan, Pegasing, Aceh Tengah

Takengon (Linge Post) – Program Kali Bersih (Prokasih) Sungai Pesangan dalam serangkaian pelaksanaan Gayo Alas Mountain Festifal (GAMIfest) resmi diluncurkan di wahana arung jeram Lukup Badak, Takengon, Jum’at 7 September 2018.

Peluncurannya dilakukan oleh Bupati Aceh Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes.

Dalam sambutannya, Khairuddin Yoes, menyampaikan bahwa wahana arung jeram atau Takengon Rafting di Sungai Pesangan Lukup Badak, Pegasing, merupakan salah satu objek wisata yang harus terus dikembangkan dan dikelola secara profesional guna menarik minat kunjungan wisatawan ke Aceh Tengah.

“Bagaimana nanti kita buat program-program, bagaimana ini bersih, bagaimana ini kita kelola dan kita tata dengan baik,” tutur Khairuddin.

Dia menjelaskan penyelenggaraan GAMIfest di Aceh Tengah merupakan pintu awal pengembangan bidang pariwisata di daerah itu.

Karena itu, kata Khairuddin, momen GAMIfest harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Gayo untuk menunjukkan keunggulan potensi wisata daerah di mata nasional dan internasional.

“GAMIfest ini adalah program nasional, kemudian ditangkap oleh provinsi, nah kemudian tempat di kita, di empat kabupaten, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Gayo Lues,” sebutnya.

“Nah artinya apa, ini harus kita sikapi dengan positif dan kita berharap ini ada tindak lanjut, ini harus kita jaga. Karena secara nasional empat kabupaten ini sudah masuk dalam teropong pengembangan pariwisata nasional,” ujarnya.

Pimpinan Koperasi Jasa Wisata Alam Gayo, Khalisuddin, sebagai pihak pengelola wahana arung jeram Lukup Badak dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Kali Bersih akan terus dilakukan untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan Sungai Pesangan.

“Kegiatan hari ini adalah salah satu rangkaian Gayo Alas Mountain Festival. Salah satu item kegiatan adalah Takengon Rafting, kegiatan ini didanai oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh,” tutur Khalisuddin.

Lanjutnya, selain meluncurkan Program Kali Bersih pihaknya juga akan melakukan penanaman bunga untuk memperindah lokasi tujuan wisata tersebut.

“Selain program pembersihan sungai atau program kali bersih ini yang terus menerus kita lakukan, juga ada nanti tanggal 14 September penanaman bunga di median jalan, agar tertata rapi, supaya tamu-tamu yang datang bisa melihat lebih indah. Kemudian tanggal 15 nanti ada perlombaan arung jeram,” ujar Khalisuddin.

%d blogger menyukai ini: