Pengungsi Banjir Lumpur dan Tanah Longsor Rusip Antara Terima Bantuan Logistik

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Para pengungsi banjir lumpur dan tanah longsor di Kecamatan Rusip Antara, menerima bantuan masa panik yang disalurkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah, Senin 25 Januari 2016.

Camat Rusip Antara, M Aris, mengatakan bantuan yang diterima pengungsi berupa kebutuhan logistik bahan makanan dan pakaian, yakni 200 kg beras, 30 paket lauk pauk, 20 paket makanan siap saji, 600 bungkus mie instan, 15 kotak air mineral ukuran besar, 15 helai selimut, 15 baju anak, dan 15 baju orang dewasa.

"Bantuan masa panik ini sangat dibutuhkan. Sekaligus untuk memastikan para pengungsi tidak kekurangan makanan," kata M Aris.

Bencana banjir lumpur dan tanah longsor terjadi pada 23 Januari 2016, mengakibatkan 2 rumah tertimpa material longsor dan belasan rumah lainnya tergenang lumpur, di Kampung Kerawang, Kecamatan Rusip Antara, Kabupaten Aceh Tengah.

Akibatnya, 15 keluarga harus mengungsi. Sebagian menempati bangunan TK di Kampung Ketapang dan sebanyak 9 keluarga mengungsi ke Kampung Pantan Tengah.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah yang meninjau lokasi sekaligus menyalurkan bantuan masa panik kepada para pengungsi, pada Minggu 24 Januari 2014, mengimbau warga untuk tetap berada di pengungsian selama intensitas hujan masih tinggi. 

"Bila curah hujan kembali tinggi, dikhawatirkan longsor dan banjir lumpur kembali terjadi. Karenanya, lebih baik untuk mengungsi sementara," kata Kepala BPBD Aceh Tengah, Jauhari, saat meninjau lokasi.

%d blogger menyukai ini: