Pengungsi Bencana Longsor dan Banjir Lumpur di Rusip Antara Bertambah

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Warga Kampung Kerawang di Kecamatan Rusip Antara, Kabupaten Aceh Tengah, hingga saat ini masih mengungsi setelah bencana longsor dan banjir lumpur menghempas wilayah kampung tersebut, pada Sabtu kemarin.

Jumlah pengungsi bahkan bertambah dari sebelumnya 12 KK menjadi 15 KK. Mereka diimbau untuk tetap berada di pengungsian selama curah hujan tinggi masih berlangsung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Jauhari, menyebutkan dari 15 KK yang mengungsi, 6 keluarga diantaranya menempati komplek Taman Kanak-kanak di Kampung Ketapang.

Sementara 9 keluarga lainnya mengungsi di rumah-rumah kerabat mereka di Kampung Pantan Tengah.

Para pengungsi mendapatkan bantuan berbagai kebutuhan selama masa panik yang disalurkan oleh BPBD Aceh Tengah.

Bantuan disalurkan pada Minggu 24 Januari 2016. Pihak BPBD yang datang sekaligus untuk meninjau lokasi bencana, mengimbau warga untuk tetap berada di pengungsian selama curah hujan masih tinggi.

**

Tanah longsor dan banjir lumpur menghempas kawasan Kampung Kerawang, pada Sabtu 23 Januari 2016, sekira pukul 15.30 WIB.

Dua rumah warga dilaporkan tertimpa longsor. Sementara banjir lumpur menggenangi rumah-rumah warga lainnya dan satu menasah di kampung tersebut.

Camat Rusip Antara, M Aris, mengatakan banjir lumpur terjadi akibat luapan sungai yang dipicu hujan lebat. 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi, namun warga diminta tetap waspada selama curah hujan tinggi masih berlangsung.

%d blogger menyukai ini: