Manfaatkan Hari Libur, Gaspol Dukcapil Lakukan Pelayanan Jemput Bola

Gaspol Dukcapil sedang melatih Petugas Registrasi Kampung Bukit Kemuning Kecamatan Jagong Jeget

Takengon | lingePost - Hari libur Sabtu dan Minggu bagi Dinas Dukcapil Aceh Tengah bukanlah berarti tidak bekerja, justru waktu tersebut dimanfaatkan untuk menjalankan layanan jemput bola berupa inovasi Gaspol (Petugas Pelayanan Online).

Kali ini Gaspol Dukcapil menyasar beberapa kampung di Kecamatan Atu Lintang dan Jagong Jeget, yaitu Merah Mege, Bintang Kekelip, Kepala Akal, Atu Lintang, Bukit Kemuning, Gemboyah, Berawang Dewal, Merah Said dan Berawang Baro.

"Karena kampung yang dilayani banyak, Petugas kita sampai menginap dilokasi," ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Minggu (10/10/2021).

Inovasi Gaspol mulai dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Aceh Tengah sejak akhir tahun 2020 lalu terutama menyasar kampung yang jauh dari Takengon dengan layanan utama pengurusan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran hingga pencetakan langsung di lokasi, selain itu juga untuk wilayah tertentu terkadang dilakukan kegiatan perekaman KTP Elektronik.

"Untuk Gaspol sengaja memang kita pilih personil dalam jumlah kecil dalam satu Tim supaya bisa bergerak cepat dan menyasar beberapa kampung sekali jalan," ujar Mustafa.

Kampung-kampung yang sudah didatangi Gaspol berikutnya diproyeksikan menjadi Kampung Sadar Adminduk (Kaminduk) yang bisa melakukan pelayanan dokumen kependudukan sesuai kebutuhan masyarakat selain KTP dan KIA yang memang harus dicetak di Kantor Dinas Dukcapil.

Gaspol juga melatih Petugas Registrasi Kampung atau aparat kampung yang ditunjuk untuk melakukan pendaftaran secara online sekaligus mencetak sendiri dokumen kependudukan yang sudah diterbitkan oleh Dinas Dukcapil.

"Beberapa kampung yang sudah didatangi Gaspol Dukcapil sekarang sudah bisa melakukan pencetakan sendiri dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran," kata Mustafa.

Semakin banyak Kampung yang bisa melakukan pelayanan Adminduk secara mandiri, tentu akan sangat memudahkan masyarakat karena tidak perlu lagi ke Kantor Dinas Dukcapil, sehingga lebih hemat waktu, biaya dan tenaga yang bisa dimanfaatkan warga untuk kegiatan produktif lainnya.

Mustafa memastikan layanan Gaspol Dukcapil akan terus bergerak menjangkau lebih banyak kampung sesuai dengan harapan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang menegaskan agar seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama.

 

Rel

 

Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

%d blogger menyukai ini: