LIF Kaji Sertifikasi Kebun Ramah Burung di Bener Meriah

Perwakilan Leuser Internasional Foundation (LIF) bertemu Wakil Bupati Bener Meriah Dailami di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Redelong | lingePost - Leuser Internasional Foundation (LIF) merencanakan proyek ramah burung di Dataran Tinggi Gayo agar kebun-kebun di sana bisa mendapatkan sertifikat lahan ramah burung internasional.

Perwakilan LIF Said Fauzan Baabud mengatakan sertifikat lahan ramah burung tersebut sudah lazim di Amerika Lantin. Menurutnya untuk mendapatkan sertifikat tersebut harus terlebih dilakukan surve lapangan.

"Agar kebun kopi di Dataran Tinggi Gayo bisa mendapat sertifikat lahan ramah burung internasional," kata Said Fauzan saat bertemu Wakil Bupati Bener Meriah Dailami di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Menanggapi hal ini Wakil Bupati Dailami mengatakan kelestarian burung-burung memang memiliki banyak manfaat bagi petani kopi di daerah itu, khususnya dalam memberantas hama di kebun kopi.

Sementara dia juga mengakui populasi burung di daerah itu saat ini semakin menurun saja akibat maraknya perburuan.

"Saat ini banyak burung-burung yang diburu. Coba kita lihat kebun-kebun kopi yang mulai sunyi dengan kehadiran burung, sehingga hama seperti ulat dan sejenisnya mengganggu tanaman kopi," tutur Dailami.

"Sudah seharusnya kita membuat sebuah aturan yang melarang perburuan burung di daerah kita ini," ucapnya.

 

 

KM

 

 

%d blogger menyukai ini: