Lagi..Gajah Liar Dekati Pemukiman Warga di Karang Ampar

Ilustrasi Gajah Liar

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Kawanan gajah liar kembali mendekati pemukiman penduduk di kawasan Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.

Kawanan gajah liar tersebut dilaporkan mulai mendekati pemukiman penduduk sejak tiga hari terakhir. Diperkirakan jumlahnya mencapai 20-an ekor.

Camat Ketol, Maimun, kepada lingepost.com mengatakan pihaknya sudah melaporkan hal itu ke CRU Bener Meriah untuk kembali mendatangkan gajah jinak dari CRU tersebut guna mengusir kawanan gajah liar.

“Kita berharap tadi CRU Bener Meriah menurunkan gajah jinaknya. Tapi karena Kepala CRU-nya masih di Banda Aceh jadi para staf CRU tidak berani mengambil keputusan. Tapi mungkin besok (Hari ini) mereka sudah turun,” kata Maimun, Jum’at 16 Juni 2017.

Menurut Maimun, pihaknya bersama warga belum melakukan tindakan apapun untuk mengusir kawanan gajah liar tersebut agar menjauh dari pemukiman penduduk, karena masih menunggu Tim CRU Bener Meriah yang akan menganalisa kondisi yang terjadi.

“Nanti mereka yang lihat dulu kondisinya bagaimana. Apakah nanti akan dilakukan penggiringan manual atau apa, itu mereka yang lebih tahu,” tuturnya.

Konflik gajah liar dengan warga di kawasan Karang Ampar sudah berlangsung  sejak beberapa tahun silam dengan intensitas yang berbeda-beda.

Puncaknya terjadi pada tahun 2015 yang diperkirakan jumlah hewan liar tersebut mencapai 60-an ekor gajah dan menyebabkan kerusakan pada puluhan hektar lahan perkebunan warga.

“Dampaknya ya pada sosial ekonomi. Lahan perkebunan warga rusak, warga juga tidak berani ke lahan,” sebut Maimun.

%d blogger menyukai ini: