Hampir Sebulan Gajah Liar Resahkan Warga Ketol

Laporan : Hafiz Mirsada

Takengon - lingepost.com : Warga di Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, masih terus berupaya mengusir gajah liar yang memasuki kawasan pemukiman warga sejak satu bulan terakhir, hingga kerap menyebabkan kerusakan pada lahan pertanian dan kebun milik warga.

Dilaporkan ada 6 gajah liar yang sering terlihat oleh warga khususnya di kawasan Kampung Bergang dan Karang Ampar, Kecamatan Ketol.

Camat Ketol, Maimun, mengatakan hingga saat ini pihaknya bersama warga setempat telah melakukan berbagai cara untuk mengusir kawanan hewan dilindungi tersebut, agar menjauh dari pemukiman warga.

Maimun kembali memimpin warga untuk melakukan upaya menghalau kawanan gajah memasuki kawasan perkebunan, pada Sabtu malam 19 September 2015.

"Mudah-mudahan dengan niat yang tulus dan ikhlas, gajah-gajah itu dapat menjauh dari perkebunan atau pemukiman penduduk," kata Maimun.

Mayoritas penduduk di Kecamatan Ketol hidup dari hasil pertanian dan perkebunan. Warga mulai resah sejak kawanan gajah liar berulang kali mengancam lahan yang menjadi sumber pendapatan ekonomi mereka, seperti kebun kopi, coklat, pinang, dan lahan tanaman muda.

Serbuan gajah liar juga pernah merusak puluhan hektar lahan perkebunan warga di Kampung Bergang Kecamatan Ketol, yang terjadi pada April 2015.

%d blogger menyukai ini: