KIP Aceh Tengah Lakukan Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu

Kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 oleh KIP Aceh Tengah di Pahlawan Coffee Shop Takengon

Laporan : Ayu Rz

Takengon - lingepost.com : Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah kembali mensosialisasikan penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Pemilu tahun 2019 kepada masyarakat di daerah itu, Kamis 10 Mei 2018.

Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah, kepada wartawan mengatakan sosialisasi hari ini dilakukan di Pahlawan Coffee Shop Takengon dihadiri unsur masyarakat berbagai kalangan guna memberikan pemahaman terkait Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 berdasarkan Surat Keputusan KPU RI.

"Ini merupakan pertemuan yang kesekian kalinya terkait Dapil dan alokasi kursi, namun karena ada Surat Edaran dari KPU RI, sosialisasi ini kita gelar kembali," tutur Marwansyah.

Marwansyah menjelaskan bahwa penetapan Dapil dan alokasi kursi Pemilu 2019 untuk Kabupaten Aceh Tengah telah dilakukan dengan mengacu pada prinsip diantaranya kesetaraan nilai, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, integralitas wilayah, kohesivitas, dan kesinambungan dengan Pemilu sebelumnya.

Komisioner KIP setempat, Ivan Astavan Manurung, menjelaskan bahwa dalam hal ini pihaknya telah mengumumkan penetapan Dapil dan alokasi kursi Pemilu untuk DPRK Aceh Tengah sejak Februari 2018.

"Kedua poin yang ditetapkan tersebut masih sama dengan Pemilu sebelumnya baik terkait Dapil maupun alokasi jumlah kursi di DPRK," tutur Ivan Astavan.

Pemilu di Kabupaten Aceh Tengah ditetapkan akan berlangsung dalam empat Dapil, yakni Dapil Aceh Tengah 1 meliputi Kecamatan Lut Tawar, Kecamatan Kebayakan, dan Kecamatan Bintang.

Dapil Aceh Tengah 2 meliputi Kecamatan Pegasing, Linge, Jagong Jeget, dan Kecamatan Atu Lintang .

Dapil Aceh Tengah 3 meliputi Kecamatan Celala, Ketol, Silih Nara, dan Kecamatan Rusip Antara.

Lalu Dapil Aceh Tengah 4 yang meliputi Kecamatan Bebesen, Bies, dan Kecamatan Kute Panang.

"Untuk DPR Aceh wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah tetap berada dalam Dapil Aceh 4," sebut Ivan.

Disampaikannya, sosialisasi yang kembali digelar hari ini melibatkan berbagai unsur diantaranya pengurus partai pokitik, akademisi, tokoh masyarakat, dan unsur Ormas guna menyukseskan Pemilu 2019.

 

Antara

%d blogger menyukai ini: