KIP Aceh Tengah Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Kamis.

Takengon | lingePost – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di Lapangan Setdakab setempat, Kamis 11 April 2019.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Tengah, Mukhlis S.S, kepada wartawan menyampaikan simulasi dimaksudkan untuk merepresentasikan kejadian di TPS pada 17 April mendatang, guna melihat sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi dan kendala di lapangan.

“Simulasi ini dibuat senyata mungkin menggambarkan kondisi di hari H nanti, di mana terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, pengawas TPS, dan saksi,” tutur Mukhlis.

Dijelaskan simulisasi tersebut melibatkan langsung petugas TPS 2 di Kampung Kuteni Reje, Kecamatan Lut Tawar mulai dari PPK, PPS, dan petugas KPPS setempat serta 142 pemilih di TPS tersebut.

“Kita juga lihat berapa estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih sehingga kita bisa memperkirakan hari pemungutan dan penghitungan nanti dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” ujar Mukhlis.

Simulasi tersebut, kata Mukhlis, diharapkan mampu menjadi tolok ukur kesiapan petugas TPS menjelang hari pemungutan suara.

“Sehingga petugas nantinya mampu lebih sigap dan terlatih menghadapi kondisi riil 17 April mendatang,” kata Mukhlis.

Ditanya soal kendala yang ditemui, Mukhlis, menyampaikan bahwa pemilih kemungkinan kesulitan membuka surat suara secara keseluruhan di bilik suara dikarenakan ukuran bilik suara yang terlalu kecil.

“Yang kedua saksi, banyak saksi yang belum memahami sepenuhnya apa yang harus mereka kontrol di TPS,” sebut Mukhlis.

Sementara Ketua KIP Aceh Tengah, Yunadi HR, mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak Golput pada 17 April mendatang.

“Untuk semua pemilih ayo laksanakan hak pilih, jangan takut, jangan mau diintimidasi, lakukan hak pilih anda dengan langsung, umum, bebas, dan rahasia, jangan Golput,” tutur Yunadi HR.

 

Reporter : Kurnia Muhadi
Editor :
%d blogger menyukai ini: