Kejuaraan Petanque Piala Bupati Aceh Tengah Resmi Dimulai

Bupati Shabela Abubakar melakukan lemparan perdana bola Petanque pada acara pembukaan kejuaraan di Lapangan Musara Alun Takengon, Rabu (22/9/2021).

Takengon | lingePost - Kejuaraan Petanque Piala Bupati Aceh Tengah sekaligus ajang Pra PORA se Aceh Tahun 2021 bagi cabang olahraga tersebut resmi digelar di Gelanggang Musara Alun Takengon.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan penyelenggaraan event cabang olahraga lempar bola besi tersebut merupakan langkah maju bagi pembinaan dan pengenalan Cabor Petanque khususnya di Aceh Tengah.

"Untuk melihat potensi, bakat, dan bibit cabang olahraga adalah dengan menyelenggarakan pertandingan," kata Shabela Abubakar saat membuka kejuaraan tersebut di Gelanggang Musara Alun Takengon, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya penyelenggaraan event tersebut yang sekaligus dirangkai dengan kejuaraan Pra PORA 2021 juga menjadi penentu bagi kesiapan Pemerintah Daerah melalui Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Aceh Tengah guna mencari dan mempersiapkan atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Aceh (PORA) pada tahun mendatang.

Dalam hal ini Shabela juga menyambut positif terselenggaranya event tersebut di Aceh Tengah sebagai stimulus untuk lebih memperkenalkan Cabor Petanque di Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua FOPI Aceh Abdurrahman menjelaskan bahwa Petanque pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2011 pada event Asian Games.

Sedangkan di Aceh kata dia baru diperkenalkan pada tahun 2015 dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Aceh.

"Perkembangan Cabor Petanque semakin baik, Aceh sukses menjadi juara umum pada ajang Pra-PON yang digelar di Jakarta lalu," tutur Abdurrahman.

Sementara Ketua Panitia Kejuaraan Petanque Piala Bupati Aceh Tengah dan Pra PORA se Aceh Tahun 2021 Zulfan Diara menyampaikan kejuaraan tersebut diikuti oleh 275 peserta dari 20 kabupaten kota se Aceh.

 

 

KM
%d blogger menyukai ini: