Kabar Duka, Tokoh Masyarakat Gayo Tgk Mahmud Ibrahim Tutup Usia

Tgk Mahmud Ibrahim. (Foto : Muhadi/lingepost)

Laporan : Kurnia Muhadi

TAKENGON - LINGE POST : Tokoh masyarakat Gayo, Tgk H Mahmud Ibrahim, dikabarkan meninggal dunia sekira pukul 14.30 WIB, Kamis 21 Desember 2017.

Informasi dari pihak keluarga bahwa Tgk Mahmud Ibrahim menghembuskan nafas terakhir di kediamannya di Kampung Merah Mersa, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, tanpa sakit.

Kepergian mendadak sosok ulama ini mengejutkan banyak pihak. Tgk Mahmud Ibrahim di sisa hidupnya dikenal memimpin Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah sebagai Kepala Kantor Baitul Mal.

Menurut pihak keluarga sepulang dari Kantor Baitul Mal yang berjarak tidak jauh dari kediamannya, Tgk Mahmud Ibrahim, sedang beristirahat usai makan siang sebelum ajal menjemputnya.

Tgk Mahmud Ibrahim tutup usia di usia 88 tahun. Putra terbaik Gayo ini lahir di Mesir Bebesen, Aceh Tengah, pada 29 Juni 1929.

Semasa hidupnya ia pernah menjabat Seretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah pada tahun 1968-1985. Juga pernah dipercaya untuk memimpin perguruan tinggi Gajah Putih Takengon, sejak tahun 1986.

Tgk Mahmud Ibrahim juga dikenal luas oleh masyarakat Gayo khususnya dan Aceh pada umunya sebagai sosok pendidik sekaligus  ulama kharismatik.

Ia merupakan salah seorang pimpinan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah dan juga merupakan anggota MPU Aceh.

Sebagai seorang ulama, Tgk Mahmud Ibrahim, kerap menyampaikan dakwah Islamiyah bahkan hingga ke luar daerah.

 

%d blogger menyukai ini: