HMI Serukan Aksi Bersama Tolak Tambang di Gayo

Takengon | lingePost - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Takengon menyerukan aksi bersama penolakan tambang emas di Gayo. Rencananya aksi bersama ini akan digelar Jum'at 30 Agustus 2019.

Ketua Umum HMI Cabang Takengon, Suyanto, kepada media menyampaikan pihaknya mengajak semua pihak untuk ikut dalam aksi bersama tersebut dengan titik kumpul di halaman Gedung Olah Seni (GOS) Takengon pada Jum'at pagi.

"Aksi ini kami lakukan sebagai desakan terhadap lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Tengah untuk bersikap menolak keberadaan perusahaan tambang di Tanah Gayo," tutur Suyanto, Kamis.

Pihaknya kata, Suyanto, juga akan meminta DPRK Aceh Tengah untuk menyurati Plt Gubenur Aceh agar melanjutkan moratorium tambang dan juga menyurati Presiden untuk mencabut izin pertambnagan PT Linge Mineral Resourse di Gayo.

"Kita juga akan mendesak Bupati Aceh Tengah untuk menolak tambang emas di Gayo agar tidak memberikan rekomendasi serta aktivitas sosialisasi terhadap izin Amdal yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tengah," sebut Suyanto.

Menurutnya aksi bersama besok bukan hanya dilakukan HMI Takengon tapi juga oleh sejumlah Ormas dan OKP dari Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.

Koordinator aksi, Mawardi, menyampaikan bahwa massa nantinya juga akan melakukan orasi di kawasan Tugu Simpang Lima Takengon sebelum bergerak ke DPRK Aceh Tengah.

 

Reporter : Kurnia Muhadi
Editor :
%d blogger menyukai ini: