Bupati Shabela: Kejuaraan Petanque Piala Bupati untuk Kenalkan Petanque di Aceh Tengah

Bupati Shabela Abubakar melakukan lemparan bola Petanque.

Takengon | lingePost - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan penyelenggaraan Kejuaraan Petanque Piala Bupati adalah untuk memperkenalkan cabang olahraga tersebut di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurutnya cabang olahraga yang satu ini masih tergolong baru dan belum begitu dikenal oleh masyarakat di daerah berhawa sejuk itu.

"Ini upaya merintis, untuk memperkenalkan cabang olahraga yang masih terdengar asing ini," kata Shabela Abubakar saat resmi membuka kejuaraan tersebut di Lapangan Musara Alun Takengon, Rabu (22/9/2021).

"Karena untuk melihat potensi, bakat, dan bibit cabang olahraga adalah dengan menyelenggarakan pertandingan," tuturnya.

Menurutnya dengan pelaksanaan kejuaraan ini diharapkan nantinya dapat menjaring bakat-bakat potensial para atlet, khsususnya untuk pengembangan olahraga tersebut di Aceh Tengah.

Lanjutnya kejuaraan ini juga sekaligus menjadi sejarah baru bagi Aceh Tengah untuk pengembangan cabang olahraga baru dan juga sebagai upaya untuk terus mendorong geliat olahraga di daerah itu.

"Ini sebagai stimulus pendorong memperkenalkan cabor ini dan juga untuk mencari bibit atlet andal yang nantinya akan bersaing di tingkat nasional bahkan Internasional," kata Shabela Abubakar.

Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi Aceh Abdurrahman dalam hal ini menyampaikan bahwa olahraga Petanque pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2011 pada event Asian Games, dan untuk Aceh sendiri baru dikenal pada tahun 2015 silam pada event Pekan Olahraga Mahasiswa.

"Selama ini prestasi FOPI Aceh terus menanjak, baik di ajang nasional dan internasional. Ini mengindikasikan bahwa pola pembinaan yang dilakukan FOPI Aceh berjalan dengan baik dan efektif," kata Abdurrahman.

 

KM
%d blogger menyukai ini: