Bupati Nasaruddin Takziah ke Rumah Almarhum Perintis Transmigrasi Jagong

Takengon – lingepost.com : Disela lawatannya ke Kecamatan Linge untuk melantik Mukim Singah Mata dan Mukim Gelung Prajah, Rabu (20/07), Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin (Pak Nas) menyempatkan waktu Takziah ke rumah keluarga Almarhum Chusein Turmuzie di Kecamatan Jagong Jeget.

Chusein merupakan salah seorang perintis dan tergabung dalam gelombang pertama yang masuk dalam program Transmigrasi di Kabupaten Aceh Tengah, tepatnya di kawasan Jagong Jeget pada tahun 1982.

Menurut Pak Nas, sosok Chusein merupakan orang tua yang telah berjasa, terutama dalam memberi keyakinan pada kelompok masyarakat transmigran untuk bersemangat memperjuangkan hidup dan nasib di wilayah Transmigrasi yang kondisinya berbanding terbalik dengan suasana di kampung halaman.

Wilayah transmigrasi Jagong Jeget ketika pertama sekali dibuka oleh Almarhum Chusein dan rekan-rekannya merupakan hutan belantara dan masih menjadi satu kesatuan dari wilayah Kecamatan Linge, namun kini kawasan Jagong telah menjelma menjadi kawasan yang ramai setelah berdiri sendiri menjadi satu wilayah administrasi kecamatan sejak tahun 2006 lalu.

"Spirit yang diberikan untuk warga adalah sesuatu yang diharapkan menjadi amal ibadah tidak pernah putus bagi Almarhum," ujar Pak Nas.

Menurutnya, semasa hidup sosok Chusein orangnya sangat bersemangat dan gemar berbagi ilmu. "Walaupun saat ini beliau sudah berpulang ke Rahmatullah, semangat perjuangan hidup dan perubahan nasib yang telah beliau bangun harus terus dilanjutkan," ujar Pak Nas.

Almarhum Chusein Turmuzie meninggal dunia Selasa (19/07) sekira pukul 06.30 pagi di RSU Datu Beru Takengon setelah mendapatkan perawatan atas sakit yang diderita selama hampir sepekan. Chusein meninggalkan seorang istri dan 12 orang anak. (MK)

%d blogger menyukai ini: