Bupati Aceh Tengah Kunjungi PLTA Cirata Bandung

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar saat mengunjungi pusat Control Center PLTA Cirata, Bandung, Jawa Barat, Sabtu. (Foto : Muhadi/lingePost)

Bandung (lingePost) - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar melakukan kunjungan ke kawasan PLTA Cirata Bandung, Jawa Barat, Sabtu 2 Maret 2019.

Kunjungan dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kawasan waduk PLTA Cirata terhadap lingkungan agar bisa diterapkan pada PLTA Pesangan di Kabupaten Aceh Tengah.

Kunjungan ini difasilitasi langsung pihak PLN UIP KITSUM Medan Sumatera Utara yang menangani pembangunan PLTA Pesangan.

Bupati Shabela Abubakar bersama rombongan disambut oleh Kepala Badan Pengelola Waduk Cirata, Wawan Darmawan, di Kantor Unit Pembangkitan Cirata PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), yang berlokasi di Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pertemuan kemudian diisi dengan penyampaian materi pengelolaan Waduk Cirata yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pengelola Waduk Cirata, Wawan Darmawan.

Materi yang disampaikan adalah terkait pemanfaatan waduk terbesar di Indonesia tersebut sebagai sumber energi namun tetep mengedepankan keselamatan lingkungan.

Waduk Cirata diketahui menjadi sumber energi bagi PLTA Cirata yang mampu menghasilkan 1.008 megawat dengan tegangan 500 kilo volt untuk mengalirkan listrik ke pulau Jawa, Bali, dan Madura sehingga menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar di Asia Tenggara.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar berharap pengelolaan kawasan PLTA Cirata nantinya dapat diterapkan pada kawasan PLTA Pesangan di Kabupaten Aceh Tengah yang pembangunannya hingga saat ini masih berlangsung.

Selain mendengarkan pemaparan dan tanya jawab dengan pihak Badan Pengelola Waduk Cirata seputar tata kelola waduk, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar bersama rombongan juga berkesempatan mengunjungi langsung sejumlah titik vital PLTA Cirata seperti melihat rumah generator Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata yang dibangun di terowongan bawah tanah, mengunjungi pusat Control Center PLTA Cirata, dan melihat kawasan Waduk Cirata yang memiliki luas genangan air seluas 62 km2 sebagai sumber energi PLTA Cirata.

 

Reporter : Kurnia Muhadi
Editor :
%d blogger menyukai ini: