Bupati Aceh Tengah Instruksi Siaga Penyebaran COVID-19 di Libur Akhir Tahun

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar memimpin rapat virtual dengan jajarannya di Pendopo setempat, Kamis (24/12/2020).

Takengon | lingePost - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menginstruksikan kesiapsiagaan terhadap potensi penyebaran COVID-19 pada libur panjang akhir tahun ini.

Shabela mengatakan pada libur panjang kali ini diprediksi kunjungan wisatawan ke Aceh Tengah akan meningkat.

Untuk itu dia meminta jajarannya mulai dari camat hingga reje (Kepala desa) untuk siaga dan rutin melakukan pemantauan di lapangan.

"Kami instruksikan dalam rapat ini, untuk semua wilayah, baik pada para camat dan reje kampung untuk tetap siaga menjelang libur akhir tahun," kata Shabela Abubakar pada rapat virtual dengan jajarannya di Pendopo setempat, Kamis (24/12/2020).

Menurutnya semua pihak terkait harus bisa mengantisipasi potensi terjadinya keramaian atau kerumunan masyarakat atau wisatawan di tempat-tempat wisata di daerah itu.

"Yang berpotensi menjadi media penyebaran COVID-19," ucapnya.

Lanjutnya upaya antisipasi dan kesiapsiagaan yang harus dilakukan di antaranya adalah segera melakukan koordinasi di tingkat kecamatan dengan seluruh pihak terkait mulai dari Satgas kecamatan, kampung, Polsek, Koramil, Puskesmas, dan pos-pos pantau pintu masuk di wilayah masing-masing kecamatan.

Bupati ini juga meminta para camat dan reje untuk aktif dan rutin mengawasi perkembangan situasi di lapangan selama masa libur panjang.

"Memantau dengan rutin objek wisata atau tempat-tempat keramaian di wilayahnya. Pastikan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan dan buat imbauan agar menjalankan Syari'at Islam dan aturan adat 'sumang si opat, pelangkahen, penengonen, peceraken, dan pekunulen'," tuturnya.

 

KM

 

%d blogger menyukai ini: