Besok, Lab PCR Swab RSUD Takengon diresmikan, 30 Tenaga Medis Telah Dilatih

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah dr Yunasri

Takengon, Aceh | lingePost - Laboratorium PCR Swab di RSUD Datu Beru Takengon dipastikan akan diresmikan oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar besok, Senin 9 November 2020.

Kepastian itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah dr Yunasri yang juga menjabat Wakil Direktur di RSUD setempat.

"Senin 9 November 2020 akan diresmikan oleh Bapak Bupati," kata Yunasri di Takengon, Minggu (8/11/2020).

Menurutnya seluruh kebutuhan dan perlengkapan untuk Ruang Lab PCR tersebut sudah lengkap dan siap untuk beroperasi.

Sedangkan untuk kebutuhan tenaga ahlinya kata Yunasri juga sudah dilatih sebanyak 30 orang tenaga medis yang siap untuk bekerja di lab tersebut.

"30 tenaga medis ini sudah dilatih secara khusus untuk bisa mengoperasionalkan alat swab PCR ini," ujarnya.

Sebelumnya Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyampaikan bahwa keputusan untuk pembelian alat Polymerase Chain Reaction (PCR) swab tersebut karena mempertimbangkan kebutuhan layanan cepat tanggap terhadap diagnosa Covid-19 bagi masyarakatnya.

Menurutnya selama ini uji swab bagi masyarakatnya yang diduga terpapar Covid-19 membutuhkan waktu relatif lama, karena sampel swab harus dikirim ke Banda Aceh bahkan hingga ke Jakarta.

Sedangkan anggaran yang digunakan untuk pembelian alat swab tersebut kata Shabela bersumber dari dana bantuan khusus Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Aceh.

"Kami berpikir alat itu harus ada, karena kita mendapat bantuan dari provinsi Rp10 milyar, khusus untuk COVID, gak boleh untuk lain," tutur Shabela Abubakar.

 

KM

 

%d blogger menyukai ini: