Batu Ice Jade Gayo Diprediksi Raih Polularitas

Laporan : Hafiz

Takengon - lingepost.com : Pameran Nasional dan Kontes Batu Mulia Indonesia Exhibition resmi ditutup oleh Sekda Aceh Tengah, Karimansyah, Minggu malam, setelah digelar selama 5 hari mulai 22 s/d 27 Maret 2016 di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon.

Even tingkat nasional ini merupakan yang pertama digelar di kota dingin. Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah secara khusus menggelar kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke 439 Kute Takengen tahun 2016.

Acara penutupan berlangsung semarak dengan pementasan seni budaya tari saman dan tari guel.

Ketua Panitia, Firdaus, mengatakan sampai akhir pelaksanaan kontes tercatat 333 jumlah peserta ikut mendaftarkan diri di semua kelas yang dipertandingkan.

Para dewan juri dalam pelaksanaan kontes batu langsung didatangkan dari Indonesia Gemstone (IGS) sebagai tim penilai kualitas batu mulia milik peserta kontes yang berhak meraih juara.

Ketua IGS, Dudung, diakhir acara mengatakan bahwa batu-batu lokal asal Dataran Tinggi Gayo memiliki ciri khas dan kualitas yang sangat baik, sehingga sangat berpotensi meraih kemenangan di setiap pelaksanaan kontes.

Salah satu jenis batu mulia asal Aceh Tengah yang diprediksi akan meraih popularitas, kata Dudung, adalah batu jenis ice jade.

Ice jade dari daerah ini disebut memiliki kualitas terbaik yang dinilai dari tingkat kekerasan batu dan corak warna putih indah. Sebagian kalangan juga menyebutnya sebagai giok putih atau giok permata.

%d blogger menyukai ini: