Batal Mendarat di Bandara Rembele karena Cuaca Kabut Tebal, Menhub akan Kembali di Akhir Februari

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Ignasius Jonan, batal mendarat di Bandara Rembele karena cuaca kabut tebal yang menyelimuti Dataran Tinggi Gayo, Jumat 5 Februari 2016.

Cuaca kabut tebal diikuti hujan, kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Rembele, Syaifullah, memang sangat tidak memungkinkan pesawat untuk mendarat.

"Dengan melihat kondisi cuaca yang belum berubah, maka pak menteri memutuskan untuk tidak bisa landing di Bandara Rembele, namun beliau menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Gayo," kata Syaifullah di Bandara Rembele, Jumat 5 Februari 2016.

Syaifullah menjelaskan sebenarnya Menhub memprioritaskan kunjungannya ke Bandara Rembele walau dijadwalkan juga meninjau tiga Bandara lainnya.

Hal itu, karena Menhub akan melihat langsung perkembangan pembangunan Bandara Rembele untuk bisa melaporkannya kepada Presiden Jokowi yang dijadwalkan akan meresmikan penggunaan bandara tersebut pada pertengahan Maret mendatang.

"Beliau memang telah memprogramkan kunjungan ke 4 Bandara, yaitu Bandara Silangit, Tapak Tuan, Alas Lueser, dan Bandara Rembele."

"Posisi tadi malam, rute yang awalnya kunjungan terakhir di Bandara Rembele, berubah menjadi kunjungan awal. Karena melihat kondisi geografis pegunungan sehingga (diprediksi) saat pagi hari itu kondisi cuaca baik."

"Namun ternyata posisi tadi pagi jam 7 kondisi alam di Bandara Rembele cukup berawan serta berkabut. Sehingga kami lakukan komunikasi dengan pilot pesawat kalibrasi yang membawa rombongan pak menteri, kami koordinasi dan memberitahu bahwa sampai posisi jam setengah 8 pagi tadi, cuaca mendung dan berkabut belum clear."

"Ditambah lagi dengan data cuaca dari BMKG bahwa untuk Rembele, dari pagi jam 7 sampai jam 14.00 WIB itu kondisinya berawan dan berkabut. Sehingga dari situ pilot menyampaikan ke pak menteri dan diputuskan untuk terbang ke Bandara Silangit," tutur Syaifullah.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Setdakab Bener Meriah, Irmansyah SSTP, kepada lingepost.com juga mengatakan bahwa kunjungan Menhub, Ignasius Jonan, ke Bandara Rembele memang berkaitan dengan persiapan kunjungan Presiden Jokowi yang dijadwalkan akan meresmikan penggunaan bandara tersebut pada pertengahan Maret mendatang.

Para pejabat daerah diantaranya Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani dan Bupati Aceh Tengah Nasaruddin juga tampak hadir di Bandara Rembele, pada Jumat pagi, untuk menyambut kedatangan Menhub sebelum akhirnya dibatalkan.

Namun, informasi yang berhasil dihimpun lingepost.com termasuk dari pernyataan Kepala UPBU Rembele Syaifullah menyebutkan bahwa Menhub Ignasius Jonan, akan kembali menjadwalkan kunjungannya ke Bandara Rembele di akhir bulan Februari sebagai pengganti kebatalan kunjungannya kali ini yang terkendala faktor cuaca.

Cuaca kabut tebal memang sangat terasa di wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah sejak Jumat pagi hingga sore. Amatan lingepost.com kabut tebal bahkan sempat membatasi jarak pandang pengendara di lintasan jalan provinsi yang menghubungkan kedua kabupaten bersaudara tersebut.

%d blogger menyukai ini: