Akan Digelar Kontes Kopi Spesialti Indonesia di Takengon

Laporan : M.A Ghaitsa

Takengon – lingepost.com : Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) akan digelar di Takengon, pada 21-23 Oktober 2016. Ini merupakan ajang untuk memilih kopi-kopi terbaik di Indonesia.

Ketua Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Aceh,  Armia Zuhri, mengatakan Kontes Kopi Spesialti Indonesia akan menerapkan penilaian dari aspek karakteristik dan citarasa setiap kopi yang nantinya diikut sertakan dalam kontes.

KKSI, kata Armia, diharapkan dapat mendongkrak kopi-kopi Indonesia ke posisi dan nilai tawar yang lebih baik.

“Sebelum dikonteskan, panitia lomba KKSI akan menerima sampel kopi biji yang dikirim oleh produsen dan pelaku usaha dari berbagai daerah atau sentra produksi kopi di Indonesia, untuk diikutsertakan dalam lomba KKSI,” kata Armia.

"Jadi seleksi awal sudah dilakukan, nanti yang diikutkan kontes hanya 15 kopi dengan dengan nilai score cupping terbaik kategori Robusta dan Arabica," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengatakan bahwa Aceh Tengah siap untuk menggelar kontes tingkat nasional tersebut.

Nasaruddin mengaku pihaknya akan mempersiapkan pelaksanaan kontes dengan sebaik-baiknya, untuk kesuksesan even tahunan tersebut.

 

%d blogger menyukai ini: