Wakil Ketua TP-PKK Aceh Hadiri Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan Se-Kabupaten Bener Meriah

Redelong (Linge Post) - Wakil Ketua TP-PKK Aceh Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT., menghadiri Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Bebasis Sumber Daya Lokal dan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2018 bertempat Gedung Olah Raga dan Seni (GORS) Kabupaten Bener Meriah, Senin (2/6/2018).

Kegiatan yang diikuti 10 peserta lomba yang terdiri dari utusan 10 Kecamatan yang ada dalam wilayah Kabuoaten bergawa sejuk ini dihadiri juga oleh Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE, Wakapolres Bener Meriah Kompol Jufri R, SE., M. Si, Sekretaris Dinas Pangan Aceh Ir. Samsul Bahri, Sekretaris Daerah Kabupten Bener Meriah Drs. Ismarissiska, MM dan sejumlah Kepala SKPK, Ketua TP-PKK Bener Meriah Ummi Nurhasanah Ahmadi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Ernawati Ismarissiska dan sejumlah tamu undangan lainnya ini merupakan rangkaian acara rutin dan berjenjang diperlombakan sampai ke tingkat nasional.

Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Ketua TP-PKK Bener Meriah Ummi Nurhasanah Ahmadi menyampaikan beberapa tujuan kegiatan yang antara lain adalah sebagai salah satu upaya mensosialisasikan menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) bebasis sumber daya lokal serta berbagai menu masak serba ikan dan pemenang lomba akan mewakili Kabupaten Bener Meriah untuk mengikuti kegiatan yang sama di tingkat provinsi Aceh, demikian disebut Umi Nurhasanah dalam laporannya.

Sedangkan Wakil Ketua TPPKK Aceh Ny. Dyah Erti Idawati Nova Iriansyah juga mengemukakan berbagai harapannya menyangkut dengan kegiatan ini, "Bener Meriah merupakan daerah penghasil berbagai jenis palawija dan sayuran yang baik dan segar untuk itu agar bermanfaat tentunya dibutuhkan keahlian dalam mengolahnya agar lebih bermanfaat dan berdayaguna sesuai kebutuhan asupan gizi melalui pemahanan dan keahlian mengolah menu yang beragam, bergizi dan berimbang serta aman untuk dikonsumsi", "Gayo juga punya masakan khas daerah dan ikan endemik ikan Depik mari manfaatkan potensi ini untuk memperkaya khazanah masakan khas daerah, menjadi salah satu kuliner yang bernilai dan digemari serta diburu para penggemar kuliner", harap isteri Wakil Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT ini

Sekretaris Dinas Pangan Aceh Ir. Samsul Bahri, juga menjelaskan berbagai program menyangkut pangan yang merupakan tugas dan fungsi institusinya serta berbagai hal yang menyangkut dengan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Bebasis Sumber Daya Lokal dan Lomba Masak ini serta berbagai informasi menyangkut perkembangan pangan di Aceh, baik dalam skala regional maupun secara nasional.

Bupati Ahmadi dalam sambutan mengapresiasi partisipasi peserta lomba yang telah bahu membahu mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba dan tentunya semua tampil baik akan tetapi karena sudah merupakan suatu kelaziman dalam sebuah lomba harus ada pemenangnya, maka bukan berarti ini yang lain tidak baik, dan bagi nanti terpilih sebagai penenang yang akan mewakili Kabupaten Bener Meriah ke lomva di tingkat provinsi untuk terus berbenah dan dilakukan pembinaan, harap bupati Ahmadi.

Pada kesempatan itu juga Bupati Ahmadi melelang hasil masakan para tim kepada SKPK yang hadir, mengingat SKPK yang datang menghadiri acara tersebut hanya ada 7, maka sisanya 3 masakan tim diambil oleh orang nomor satu di Bener Meriah ini. 7 SKPK yang mendapatkan bagian adalah Kepala Bappeda Khairun Aksa, SE., MM., Kadis Pariwisata Drs. Haili Yoga, M. Si, Plt. Kadis Syariat Islam Drs. Aladiyan AR, Plt. Kadis Perindustrian dan Perdagangan Ruh Akbar, SH., Plt. Kadis Pertanian Sudarnan, SP., Sekretaris DPRK Drs. Abdul Rahman, MM., dan Kadis Koperasi dan UKM Ir. Khairul Bardi dengan masing-masing dipatok senilai 1,5 juta rupiah.

Adapun tim yang keluar sebagai pemenang dari hasil penilai tim dewan juri untuk katagori

Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) juara I diraih tim Kecamatan Timang Gajah dan disusul juara II Tim Kecamatan Mesidah serta juara III tim Kecamatan Gajah Putih, sedangkan untuk katagori masakan serba ikan juara I diraih tim Kecamatan Wih Pesamdan disusul juara II Tim Kecamatan Bukit serta juara III tim Kecamatan Timang Gajah, sehingga dengan demikian Juara Umum diraih oleh tim Kecamatan Timang Gajah sekaligus akan mewakili Beber Meriah pada event yang sama di tingkat provinsi nantinya. (rel).

%d blogger menyukai ini: