Wakil Bupati Pimpin Rapat Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan PS2H

Redelong - lingepost.com : Wakil Bupati Beber Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka dan memimpin Rapat Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pencatatan Sipil Dan Statistik Hayati (PS2H) di ruang rapat tertutup Off Room Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah, komplek pekantoran Pemda Bener Meriah Serule Kayu Redelong, Sabtu (24/2/2018).

Rapat Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pencatatan Sipil Dan Statistik Hayati (PS2H) ini prakarsai oleh KOMPAK Districk Bener Meriah dengan menghadirkan beberapa orang reje dan tokoh kampung dari beberapa kampung yang merupakan kampung binaan KOMPAK diantara reje dan tokoh Kampung Mutiara, Kampung Pondok Gajah, Kampung Pondok Baru dan Kampung Paya Ringkel dan beberapa reje kampung lainnya.

Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam sambutannya mengatakan, Indetitas Kependudukan adalah hal yang sanggat penting dimiliki setiap orang guna untuk mendapatkan pelayanan dari Pemerintahan.”Kita berharap masalah Indetitas Kependudukan dapat ditangani dengan baik mendekati angka sempurna, sejauh ini Kabupaten Bener Meriah telah mencapai 84,7 persen cakupan Indetitas masyarakatnya, untuk mendapatkan cakupan yang sempurna ada 14 persen lagi PR kita bersama" papar Wakil Bupati yang lazim disapa Abuya ini.

Lebih lanjut untuk menyelesaikan PR yang 14 persen tersebut pihak terkait harus bekerja lebih ekstra agar masalah Indetitas Kependudukan dapat tertangani secara maksimal, sehingga peran dan keberadaan semoga Kompak dirasa sangat oenting dan membatu, untuk itu tentunya kita berharap keberadaan Kompak ini terus di perpanjangan kontraknya agar program-program yang telah dilaksanakan dapat lebih disempurnakan lagi. Ujar Wakil Bupati Bener Meriah ini.

Sebelumnya Dicky Ariesandi Provincial Manager Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejehteraan (KOMPAK) Aceh menyampaikan Apresiasi terhadap pemerintah daerah kabupaten Bener Meriah. ”Kami sanggat mengapresiasi atas dukungan dan kerjasama pemerintah daerah kabupaten Bener Meriah, sehingga program Kompak dapat berjalan di daerah ini dan kegitan hari ini adalah merupakan kajian puncak, atas kerja Kompak dengan seluruh mitra di daerah ini. Untuk itu dalam monitiring dan evaluasi hari ini kita dapat merumuskan apasaja masalah dan gendala selama ini" papat Dicky

Dalam kesempatan tersebut Dicky juga menyampaikan bahwa kemungkinan pada bulan April kegiatan Kompak akan berakhir karena sejauh ini belum ada kepastian kelanjutan kontrak antara Bapenas dengan Pemerintah Australia. Namun kita berharap apa yang telah dilaksanakan selama ini dapat diterapkan oleh pihak yang terkait guna memberikan pelayanan dan pemenuhan Indetitas Kependudukan, terangnya Dicky lagi

Sebelumnya dalam rangkaian kegiatan yang sama Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE juga telah menerima Rancangan Dokumen Peraturan Bupati (Perbup) tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran dan Akta Kematian Melalui Pelayanan Berjenjang yang diserahkan Direktur PKPM dr. Muslim Zainudin, M, Si yang merupakan mitra Kompak dari Provinsi Aceh, kemudian selanjutnya pada saat itu juga dokumen tersebut diserahkan Bupati Ahmadi kepada Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah Mahfudah, SH., MH untuk diproses lebih lanjut.

Agenda serah terima dokumen Perbub tersebut turut dihadiri, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bener Meriah Ikhwanul Hakim, SE, Kepala Bappeda Khairun Aksa, SE, MM, Kepala Bagian Hukum (Kabag Hukum), Kabag Humas Sukur, S.Pd., M.Pd., Kepala Kementrian Agama Bener Meriah Saidi B, SAg, MA. dan beberapa perwakilan dari Reje Kampung.

Seyogyanya rapat ini juga dihadiri Bupati, akan tetapi dikarenakan harus menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Pintu Rime Gayo, maka sepenuhnya rapat dipimpin wakil Bupati Bener Meriah Abuya Tgk. H. Sarkawi bersana dengan Stake Holders dar KOMPAK Aceh dan Perwakilan KOMPAK Distric Bener Meriah Muhammad Very, Win Fakhrut dkk. (rel)

%d blogger menyukai ini: