Wabup Sarkawi Tinjau Pasar bersama BPOM

REDELONG - LINGE POST : Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi baru-baru ini (Rabu Tanggal 20 September 2017-red) bersama tim Balai Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Aceh turun langsung ke pasar guna mengecek sejumlah makanan yang beredar di Kabupaten tersebut.

Turut dalam operasi pasar itu  Sekretaris daerah Bener Meriah Drs. Ismarissiska, MM, Asisten Ekonomi  Pembangunan Abd. Muis, MT, Asisten Administrasi Umum Drs. Suarman, MM, Ketua BPOM Aceh Drs. Zulkifli, Apt, beserta tim laboraterium, sejumlah kepada dinas terkait seperti Perdagangan, Pertanian, Kesehatan.

Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi usai melakukan operasi pasar menyampaikan, kegiatan tersebut adalah bahagian yang dilakukan pemerintah untuk perlindungan pada masyarakat terkaid dengan makanan yang beredar agar aman untuk dikonsumsi.

“Kita bekerjasama dengan BPOM langsung turun kelapangan untuk uji sempel dari sejumlah makanan yang didagangkan di pasar Pondok Baru, disana tim sudah mengambil beberapa sempel makanan berupa ikan, kerupuk dan mie, kita harapkan BPOM dapat segera mengeluarkan hasil tes tersebut, sehingga pedagang dapat mengetahui apakah barang dagangan mereka aman dikonsumsi atau tidak oleh konsumen.”terang Tgk. H. Sarkawi.

Sementara itu Kepala BPOM Aceh Drs. Zulkifli, Apt usai melakukan tes dari sejumlah makanan yang diambil dari pasar berupa ikan, kerupuk dan mie menyampaikan, dari 22 sampel yang diambil dipasar Pondok Baru untuk diuji apakah makanan tersebut mengandung formalin, borak.

“Dari hasil tes ikan ada enam sampel, dari enam sampel yang di uji tidak mengandung formalin, artinya ikan yang dijual dipasar Pondok Baru layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat, sementara untuk kerupuk dan mie kami belum dapat menyampaikan laporan tesnya, karena untuk menguji kandungan borak harus ada cahaya matahari, karena kondisi sore ini (Rabu Tanggal 20 September 2017-red) hujan makan hasilnya beberapa hari lagi akan kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah,”terang Kepala Balai POM Aceh itu.

Usai melaporkan hasil tes dari sejumlah sempel makanan yang di ambil dari pasar, tim BPOM yang di pimpin langsung oleh Kepala Balai POM Aceh Drs. Julkifli, Apt langsung melanjutkan perjalan mereka untuk menuju Banda Aceh. (rel)

%d blogger menyukai ini: