Wabup Sarkawi Buka Pelatihan Homestay Disbudpar Aceh di Bener Meriah

Redelong - lingepost.com : Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka pelatihan  Homestay di Aula Setdakab setempat, Senin (28/8).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Disbudpar Aceh yang bekerjasama dengan Dinas Parawisata Bener Meriah itu mengambil tema mewujudkan Homestay sebagai akomodasi parawisata berbasis masyarakat.

Wabup Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam sambutannya menyampaikan, saat ini bisnis parawisata semakin menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Salah satu daya tarik wisata yang berkembang saat ini adalah wisata pedesaan atau desa wisata.

“Kabupaten Bener Meriah memiliki banyak kawasan pedesaan dengan karakteristik khusus yang bisa untuk menjadikan daerah tujuan wisata, yaitu keindahan pegunungannya dan tentunya hamparan kebun kopi yang tersebar luas di Kabupaten Bener Meriah,”kata Tgk. H. Sarkawi.

Lebih lanjut dikatakannya, adanya homestay merupakan pasar yang potensi dan efektif dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, apalagi homestay yang akan dibangun di Bener Meriah memiliki karakteristik unik, yaitu berada di areal perkebunan kopi.

“Adanya Homestay di tengah-tengah hamparan kebun kopi merupakan daya tarik tersendiri ditambah fasilitas pendukung lainnya yang disajikan menyatu dengan tradisi masyarakat local Gayo tentu sangat menarik. Oleh karena itu, kami sangat mendukung adanya pelatihan Homestay. Kami yakin pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan, dan keterampilan masyarakat dalam memberikan layanan Homestay di Desa Wisata dalam Kabupaten Bener Meriah.”ujar Wabup.

Wakil Bupati Bener Meriah itu berharap dengan pelatihan ini mudah-mudahan dapat memberikan pengetahuan tentang daya jual Homestay serta bagaimana memberdayakan Homestay yang berstandar tinggi serta dapat menarik wisatawan local maupun asing. (rel)

%d blogger menyukai ini: