Update DPB, KIP Aceh Tengah Jemput Bola ke Kecamatan dan Desa

Ketua KIP Aceh Tengah Sertalia dan Camat Linge Win Akbar jalin kerjasama untuk pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB), Selasa (21/9/2021).

Takengon | lingePost - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah melakukan jemput bola ke kecamatan dan desa untuk pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) di daerah itu.

Ketua KIP Aceh Tengah Sertalia mengatakan selama ini untuk mendapatkan Data Pemilih Berkelanjutan pihaknya hanya memperoleh dari sumber lembaga terkait di tingkat kabupaten seperti Disdukcapil, Polres, Kodim, Dinkes, dan lembaga lainnya.

"Data-data penduduk yang kami terima tidak merubah DPB secara signifikan di setiap bulannya," kata Sertalia, Selasa (21/9/2021).

Namun setelah pihak KIP Aceh Tengah melakukan jemput bola ke kecamatan dan desa untuk pemutakhiran data tersebut kata dia ada banyak perubahan data yang diperoleh.

Seperti diantaranya perubahan data yang disebabkan meninggal dunia, pindah desa, pensiunan TNI-Polri, menjadi anggota TNI-Polri, dan masyarakat di bawah umur tapi sudah menikah.

"Ini agar kita dapat mengupgrade data pemilih yang sudah mengalami perubahan, tentu ini bagian dari pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu di tahun-tahun selanjutnya," tutur Sertalia.

Menurutnya untuk melakukan upaya jemput bola terhadap pemutakhiran data tersebut KIP setempat telah berkoordinasi langsung dengan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Kemudian juga langsung menyampaikan surat resmi untuk permintaan data pemilih kepada 295 desa di 14 kecamatan se Kabupaten Aceh Tengah.

"Kita saat ini setiap bulan juga melakukan rapat koordinasi untuk merekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan. Dan setiap tiga bulan sekali kita adakan rapat koordinasi terbuka dengan stakeholder dan seluruh partai politik, kemudian hasilnya kita sampaikan ke KIP Aceh dan KPU pusat," ujarnya.

 

 

KM

 

 

%d blogger menyukai ini: