UNBK di MTsN 6 dan MTsS Tebuk terkendala

Siswa MTsN 6 Aceh Tengah mngikuti UNBK di SMA Negeri 7 Takengon

Laporan : M.A Ghaitsa

Takengon - lingepost.com : Pelaksanaan UNBK di MTsN 6 dan MTsS Tebuk di wilayah Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, dilaporkan terkendala jaringan internet dan pemadaman listrik, Senin 23 April 2018.

Guru di MTsN 6 Aceh Tengah, Arami Rizki, kepada wartawan mengatakan awalnya kendala terjadi pada akses jaringan internet hingga menyebabkan siswa di sekolah tersebut tak dapat mengakses situs untuk mengikuti ujian.

"Ujian akhirnya terpaksa dipindahkan ke SMA Negeri 7 Aceh Tengah, masih di Kecamatan Bintang," kata Arami.

Menurut Arami, pihak Telkom Aceh Tengah dalam hal ini telah menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang terjadi yang dikarenakan kerusakan pada perangkat radio Telkom di wilayah itu.

"Hari Selasa tim dari Banda Aceh ke Takengon, ini mereka sedang mencari modul perangkat di lokasi yang ada dan sama modulnya," tutur Arami menirukan pernyataan pihak Telkom Aceh Tengah.

Arami menambahkan kendala yang sama juga dialami oleh siswa yang mengikuti UNBK di MTsS Tebuk yang kemudian juga terpaksa harus pindah ke SMAN 7 Aceh Tengah untuk bisa melaksanakan UNBK.

"Jadi seluruh siswa mengikuti ujian di SMAN 7 Aceh Tengah mulai sesi I, sesi II, dan sesi III. Tapi pada sesi III terjadi pemadaman listrik," ujar Arami.

Pemadaman listrik, kata Arami, terjadi sejak pukul 14.30 WIB s/d 16.30 WIB. Listrik padam di seluruh wilayah Kecamatan Bintang.

Arami Rizki mengaku pihak sekolah dalam hal ini telah menyampaikan pemberitahuan kepada pihak PLN Takengon, namun pemadaman tetap berlangsung hingga sore.

"Pihak PLN telah disurati tetapi tidak di gubris. Akhirnya kami dari pihak sekolah berupaya menggunakan genset dari masyarakat untuk bisa melanjutkan ujian," kata Arami Rizki.

Menurut Arami, dua kendala yang terjadi telah sangat mengganggu kenyamanan para siswa dalam mengikuti UNBK di hari pertama tersebut.

"Intinya kita melihat pihak Telkom dan PLN Takengon tidak mendukung pelaksanaan ujian nasional di Kecamatan Bintang. Kami berharap selama empat hari pelaksanaan UNBK ini tidak lagi terjadi kendala seperti ini," ujar Arami.

%d blogger menyukai ini: