Turnamen Catur Piala Bupati Aceh Tengah Resmi Dibuka

Bupati Aceh Tengah diwakili Asisten I Setdakab Mursyid resmi membuka Turnamen Catur Bupati Cup di Lapangan Musara Alun Takengon, Jumat (1/10/2021).

Takengon | lingePost - Turnamen Catur Piala Bupati Aceh Tengah resmi dibuka di Lapangan Musara Alun Takengon, Jumat (1/10/2021).

Turnamen ini dibuka oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar diwakili Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesra Setdakab Aceh Tengah Mursyid.

Dalam sambutannya Shabela menyampaikan turnamen tersebut diharapkan dapat menjadi stimulan atau pendorong untuk lebih memasyarakatkan olahraga catur di Kabupaten Aceh Tengah.

"Untuk melihat potensi, bakat, dan bibit-bibit olahragawan dengan menyelenggarakan pertandingan merupakan langkah konstruktif dan perlu dukungan semua pihak," kata Shabela Abubakar.

Dia berharap turnamen tersebut dapat ikut mendorong peningkatan prestasi olahraga catur daerah, serta juga melahirkan atlet-atlet andal yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional.

"Oleh karena itu terobosan-terobosan terhadap berbagai alternatif pembinaan perlu dirancang sejak dini dan dilaksanakan secara benar, berjenjang, dan berkesinambungan," tuturnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah Zulfan Diara sebagai pihak penyelenggara bekerjasama dengan Percasi Aceh Tengah menyampaikan Turnamen Catur Bupati Cup ini diikuti oleh puluhan pecatur dari Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Kegiatan tersebut kata dia merupakan salah satu rangkaian multi event keolahragaan yang digelar di Kabupaten Aceh Tengah sejak September 2021.

"Kegiatan multi event yang kita gelar adalah untuk menambah wawasan dan semangat bertanding para atlet daerah. Disamping untuk persiapan kematangan atlet daerah dalam menghadapi event-event atau kejuaraan olahraga dalam skala yang lebih besar," kata Zulfan Diara.

Untuk pelaksanaan turnamen catur sendiri kata Zulfan akan berlangsung selama empat hari mulai 1-4 Oktober 2021 di Lapangan Musara Alun Takengon.

Para peserta akan bertanding pada katagori catur klasik untuk memperebutkan Piala Bupati Aceh Tengah serta total hadiah Rp10 juta.

"Juara 1-4 akan diberikan hadiah berupa tropi, piagam, dan uang pembinaan. Sedangkan juara 5-10 akan diberikan piagam dan uang pembinaan," kata Zulfan.

 

 

KM
%d blogger menyukai ini: