Tujuh kabupaten ikuti pacuan kuda tradisional Gayo HUT ke-77 RI di Takengon

Perlombaan race pertama pacuan kuda HUT ke-77 RI di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (22/8/2022).

Takengon | lingePost - Sebanyak 246 kuda pacu dari tujuh kabupaten kota di Aceh mengikuti even Pacuan Kuda Tradisional Gayo di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (22/8/2022).

Kegiatan tahunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI ini dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah.

"Kita harapkan pacuan kuda tradisional ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Karena itu kualitas pelaksanaan even ini harus lebih baik agar Kabupaten Aceh Tengah dapat menjadi daerah wisata yang semakin diminati," kata Shabela Abubakar dalam sambutannya.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Zulpan Diara Gayo selaku panitia pelaksana kegiatan menyampaikan tujuh kabupaten kota yang mengikutsertakan kuda pacunya pada ajang ini adalah Kabupaten Bener Meriah dengan 70 ekor kuda, Gayo Lues 14 ekor kuda, Aceh Utara 1 ekor kuda, Aceh Tamiang 2 ekor kuda, Lhokseumawe 2 ekor kuda, Banda Aceh 1 ekor kuda, dan tuan rumah Aceh Tengah 156 ekor kuda.

Even ini akan berlangsung selama sepekan mulai 22-28 Agustus 2022 di arena Belang Bebangka, Pagasing, Kabupaten Aceh Tengah.

 

Ant